ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Masalah Diplomatik Qatar Ternyata Berimbas ke Indonesia, Ini Dampaknya

Foto: Republika
0

JAKARTA–Pemutusan hubungan diplomatik empat negara Arab dengan Qatar, ternyata akan berimbas terhadap Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

“Di sektor perdagangan Indonesia turut merasakan imbasnya, lantaran adanya penutupan akses udara, laut, dan darat. Maka perdagangan Indonesia yang dilakukan misalnya melalui pelabuhan-pelabuhan di Emirat Arab tentunya terpengaruh,” ungkap Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (8/6/2017).

Pemutusan hubungan diplomatik negara Arab itu juga akan berdampak pada kunjungan wisatawan ke Indonesia yang menggunakan penerbangan Qatar. “Selain itu, penerbangan jamaah umrah Indonesia juga turut terimbas,” imbuhnya.

Meski demikian, Retno menegaskan masalah Qatar ini belum berdampak pada WNI yang bekerja di negara itu. Meski demikian, KBRI tetap berjaga-jaga dengan membentuk satgas khusus untuk meningkatkan perlindungan WNI di Qatar.

“Sejauh ini tenaga kerja tidak bermasalah. Tenaga kerja kita cukup banyak yang ada di sana, mencapai 29 ribu,” ucap Retno, dilansir Republika.

Saat ini, Kemenlu telah berkomunikasi dengan para dubes di negara-negara terkait, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Agama guna mencari solusi dari dampak yang akan terjadi. []

loading...
loading...