ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Mantan Mata-mata Korut Sebut Pembunuh Kim Jong Nam Amatiran

0

JEPANG– Mantan mata-mata Korea Utara Kim Hyun Hee mengomentari tantang kasus pembunuhan kakak tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong Nam.

Dilansir The Star, Sabtu (18/2/2017), Hyun-hee menyebut para pembunuh tersebut sebagai amatiran. Pasalnya, proses pembekukan pelaku pembunuhan dinilai sangat cepat. Bahkan ia menuturkan, ada beberapa hal yang seharusnya dihindari seorang spionase profesional tapi malah mereka lakukan.

Hyun Hee mengaku heran dengan bentuk pelatihan yang dilakukan kedua wanita selaku eksekutor pembunuhan.

“Saya merasa aneh. Mereka kelihatannya tidak pernah menjalani pendidikan psikologis dan fisik yang keras dan pelatihan di Korea Utara. Mereka tidak kabur setelah kasus itu,” katanya kepada harian Jepang, Mainichi.

Dia membandingkan dengan kasus pembunuhan yang terjadi jelang hari ulang tahun bekas pemimpin Korut Kim Jong-il, ayah Kim Jong-un dan Kim Jong-nam. Saat itu, terjadi pembunuhan sepupu Jong-il ditembak mati pada 15 Februari 1997.

Pria itu bernama Lee Han-young, seorang pembelot dari Korea Utara. Dia ditembak mati di Korea Selatan oleh dua agen, dan mereka tidak pernah tertangkap.

Hyun-hee bersama seorang rekannya yang juga mata-mata Korut memasang bom dalam penerbangan Korean Air. Akibat tindakannya itu, 115 kru dan penumpang terbunuh saat pesawat itu meledak di udara dekat Teluk Bengal. []

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...