ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ini Manfaat Puasa Dari Segi Medis

Foto: Religion News Service
0

PUASA pada umumnya identik dengan menahan lapar dan dahaga, itu yang sebagian besar orang pahami. Pada saat berpuasa ada beberapa aktivitas yang di tunda pelaksanaannya. Seperti makan, minum, berhubungan intim dan sebagainya.

Ketika tubuh biasanya diberi asupan makanan pada jam tertentu, semisal sarapan pagi atau makan siang. Bisa ngemil kapan saja. Maka ketika berpuasa, siklus itu berubah. Namun ternyata dibalik pemahaman ritual semata yang kita ketahui, ternyata ada manfaat yang begitu luar biasa bagi tubuh orang yang berpuasa.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Pakistan Medical Association serta disarikan oleh Klik Dokter, puasa melahirkan berbagai manfaat diantaranya sebagai berikut:

Terjadinya peningkatan sel darah merah, sel darah putih dan trombosit.

Kadar kolesterol baik mengalami peningkatan, sementara sebaliknya kolesterol jahat menurun termasuk trigliserida. Trigliserida adalah salah satu jenis lemak utama yang mengalir di dalam darah manusia. Jika terlalu banyak, trigliserida akan menumpuk pada bagian-bagian tubuh seperti dinding pembuluh darah dan hati. Efek penurunan kedua lemak jahat itu secara tidak langsung menurunkan potensi penyakit jantung koroner.

Mengurangi berat badan, lemak tubuh, gula darah dan tekanan darah.

Tingkat stres tubuh seseorang mengalami penurunan.

Secara garis besar, tidak ada bahaya atau efek buruk bagi tubuh. Justru sebaliknya mendatangkan berbagai manfaat. Kecuali bagi mereka yang mengidap penyakit seperti kencing manis, jantung koroner, ginjal serta mata, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter jika hendak menunaikan puasa. []

loading...
loading...