ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Maneger Nasution: Reuni 212 Dilindungi Undang-undang

0

Advertisements

JAKARTA—Alumni 212 yang menggelar reuni pada Sabtu (2/12/2017) adalah sesuatu yang wajar dan tidak menyalahi hukum. Hal ini diutarakan Direktur Pusat Studi dan Pendidikan HAM Uhamka, Maneger Nasution.

“Sebab unjuk rasa, demonstrasi  merupakan hak konstitusional yang dilindungi konstitusi dan undang-undang,” ujar Maneger dalam sebuah siaran pers, Islampos mengutip MINA melaporkan.

Menurutnya, dengan demikian tidak boleh ada pelarangan.‎ Pasalnya, aksi yang pernah dilangsungkan pada 4 November lalu juga berjalan dengan tertib dan damai.

“Pemerintah tidak boleh melarang. Sepanjang aksi itu berjalan damai, baik, teratur,” tambahnya.

Untuk itu penting diingatkan agar para peserta aksi alumni 212 nantinya apabila jadi turun agar mengikuti mekanisme hukum yang berlaku.

“Alumni 212 perlu mengulangi kesuksesan aksi yang lalu. Seperti yang diakui banyak pihak massa yang memadati kawasan bundaran air mancur saat aksi 4 November di Jakarta,” ungkap Manager.

Maneger mengaku sebagai orang yang mengamati langsung Aksi Bela Alquran dulu telah menarik perhatian khalayak nasional dan internasional. “Muslim Indonesia telah mencontohkan pelaksanaan demonstrasi secara bermartabat,” tegasnya.

“Saya melihat tidak ada kekerasan, ujaran kebencian, diskriminasi, nyaris tidak meninggalkan sampah, dan tidak ada fasilitas publik atau taman yang rusak. Inilah demo termartabat dan terbesar pascareformasi,” tegas Maneger. []

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline