ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Mandi Malam, Makruh?

Foto: Dux News
0

APAKAH Anda sering mandi di malam hari? Biasanya, orang-orang yang bekerja sampai sore, seringkali melakukan hal ini. Sebab, tak dapat dipungkiri, jika tidak mandi maka badan akan terasa tidak nyaman. Bahkan, untuk tidur pun sulit.

Hanya saja, ada yang mengatakan bahwa mandi malam itu makruh. Itu berarti, sebagai seorang muslim lebih baik tidak melakukannya. Lantas, apakah benar mandi malam hukumnya makruh?

Related Posts

Dilansir dalam muslimah.or.id, mandi dan masuk ke kamar mandi pada waktu malam atau siang hari tidak dimakruhkan. Sebagian ulama berpendapat, makruh hukumnya masuk ke dalam kamar mandi mendekati waktu maghrib atau antara waktu maghrib dan isya. Karena hal tersebut waktu dimana setan menyebar.

Namun, pendapat yang shahih tidak makruh hukumnya masuk ke dalam kamar mandi di antara dua waktu tersebut atau waktu selainnya karena tidak ada satupun dalil syar’i yang melarangnya. Karena pada waktu tersebut sesungguhnya terdapat kebutuhan manusia yang mendesak dengan masuknya ke kamar mandi yaitu untuk mandi junub ataupun kebutuhan yang lainnya.

Dalam kitab Mathaalib Ulin-Nuha (1/189) dinyatakan, “Tidak dimakruhkan masuknya seseorang ke kamar mandi mendekati waktu maghrib dan tidak pula waktu setelahnya, tidak ada larangan yang khusus mengenai hal tersebut.” []

loading...
loading...