ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Malaysia Siap Tampung Sementara Pengungsi dari Muslim Rohingya

Foto: Hindustan times
0

MALAYSIA—Otoritas Malaysia menyatakan siap menampung Muslim Rohingya yang mengungsi dari konflik di Rakhine, Myanmar. Malaysia bersedia menyediakan penampungan sementara untuk para pengungsi Rohingya.

Malaysia yang berada ratusan kilometer sebelah selatan Laut Andaman, kemungkinan besar akan didatangi lebih banyak kapal-kapal pengungsi dari Myanmar dalam beberapa minggu hingga beberapa bulan ke depan.

Hal itu dituturkan Direktur Jenderal Badan Penegakan Maritim Malaysia (MMEA), Zulkifli Abu Bakar, seperti dilansir Reuters, Jumat (8/9/2017).

“Kami seharusnya memberikan kebutuhan dasar bagi mereka untuk melanjutkan perjalanan dan mendorong mereka lagi. Tapi akhirnya, karena alasan kemanusiaan, kami tidak mampu melakukan itu,” tutur Zulkifli kepada Reuters.

Zulkifli menambahkan, kemungkinan Malaysia akan menampung para pengungsi Rohingya di pusat-pusat tahanan imigrasi, tempat warga asing tanpa dokumen biasanya ditampung.

Hingga saat ini Malaysia telah menampung 100 ribu pengungsi Rohingya di wilayahnya.

Sementara itu, Thailand yang berbatasan langsung dengan Myanmar, juga menyatakan siap menampung pengungsi Rohingya yang kabur dari konflik di Rakhine. []

loading...
loading...