islampos
Media islam generasi baru

Malaysia Hentikan Visa Bebas Masuk dari Korea Utara

Foto: indianexpress.com
0

KUALA LUMPUR – Malaysia membatalkan pengaturan visa bebas masuk warga dari Korea Utara. Hal ini dilakukan pada saat hubungan diplomatik antara kedua negara Asia itu memanas terkait atas pembunuhan saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Kuala Lumpur.

Kantor berita Malaysia Bernama mengutip Wakil Perdana Menteri Ahmad Zahid Hamidi, mengumumkan keputusan itu pada hari Kamis. Dia mengatakan Kuala Lumpur telah membuat keputusan karena alasan keamanan nasional.

Pada hari Senin nanti, ketika keputusan diberlakukan, warga Korea Utara harus mendapatkan visa untuk masuk ke Malaysia.

Kim Jong-nam, saudara tiri Kim Jong Un, diserang oleh dua penyerang perempuan di ruang keberangkatan di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada tanggal 13 Februari. Para penyerang tersebut, keduanya telah ditangkap, menyeka cairan beracun ke wajah Kim. Kim akhirnya meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.

Penelitian forensik dan otopsi pada tubuh Kim mengungkapkan bahwa penyerangnya menggunakan agen saraf VX yang sangat beracun. PBB sendiri telah menyatakan VX sebagai senjata pemusnah massal.

Malaysia juga menahan dua orang yang lain, salah satunya warga Korea Utara yang diidentifikasi sebagai Ri Jong Chol, sehubungan dengan pembunuhan itu. Namun, Mohamed Apandi Ali, Jaksa Agung Malaysia, mengatakan bahwa Ri akan dibebaskan dan dideportasi ke negara asalnya pada hari Jumat, sekitar dua pekan setelah dia ditangkap. Ini karena tidak ada bukti yang cukup untuk mendakwanya.

Malaysia juga mengatakan bahwa “sangat” percaya bahwa empat tersangka Korea Utara, yang melarikan diri dari Malaysia pada hari pembunuhan itu, telah tiba di ibukota Korea Utara Pyongyang. intelijen Korea Selatan mengklaim bahwa empat tersangka tersebut merupakan “mata-mata” yang bekerja untuk Kementerian Keamanan Negara Korea Utara. [fq/islampos]

loading...
loading...