ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Makin Kuat Persaudaraan, Makin Kokoh Islam Berdiri

0

Advertisements

SEBAGAI umat Muslim, kita percaya bahwa Islam adalah agama yang mengarahkan pada jalan keselamatan. Di mana pedoman umat Islam, yakni Al-Quran merupakan pedoman hidup paling lengkap. Semua tentang segala permasalahan kehidupan ada di dalamnya. Bahkan, solusi dalam memecahkan suatu masalah juga tertera di dalamnya.

Hanya saja, memelajari Al-Quran tanpa mengamalkannya adalah hal yang sia-sia. Sebab, keselamatan akan diperoleh jika kita melaksanakan aturan-aturan yang telah Allah tetapkan. Jadi, bukan hanya sekadar mengetahui. Dengan begitu, kita akan mulai membangun diri kita sebagai pribadi yang Islami.

Nah, pribadi Islami, akan senantiasa menebarkan kebaikan kepada orang lain. Sehingga, orang lain pun akan melakukan hal yang sama, yakni mengikuti aturan Allah dan Rasul-Nya. Salah satu caranya ialah dengan membiasakan diri untuk menjalin persaudaraan dengan sesama Muslim lainnya. Kemudian, memperkuat tali persaudaraan itu.

Perintah untuk menjalin hubungan persaudaraan telah tercatat dalam Al-Qur’an, yang artinya: “Dan jika ada dua golongan dari orang-orang mu’min BERPERANG maka damaikanlah antara keduanya. Jika salah satu dari kedua golongan berbuat ANIAYA terhadap golongan yang lain maka perangilah golongan yang berbuat aniaya itu sehingga golongan itu kembali kepada perintah Allah. Jika golongan itu telah kembali (kepada perintah Allah), maka damaikanlah antara keduanya dengan adil dan berlaku adillah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. Sesungguhnya orang-orang mu’min adalah BERSAUDARA, maka damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat.” (QS. Al-Hujuraat: 9-10)

Seorang muslim betapapun ia memiliki masalah dengan saudaranya sesama muslim, tetap saja mereka adalah bersaudara walau dalam masalah pembunuhan sekalipun.

Sungguh, mempererat hubungan persaudaraan Islam adalah salah satu amal shaleh yang tiada terkira nilainya. Melalui hubungan persaudaraan Islam yang kuat, berarti kita telah membantu untuk menegakkan kekuatan besar di dalam tubuh Islam.

Sebagaimana diketahui bahwa Rasulullah ﷺ telah bersabda, “Seorang mukmin terhadap mukmin (lainnya) bagaikan satu bangunan, satu sama lain saling menguatkan.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Maka, dapat kita ketahui bahwa semakin kuat hubungan persaudaraan Islam yang kita jalin, maka semakin kokoh pula bangunan Islam yang akan berdiri. Wallahualam. []

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline