ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Maju di Pilpres 2019, Anggota DPR: KH Ma’ruf Amin Sebaiknya Mundur dari Posisi Ketum MUI

0

Advertisements

JAKARTA—Terkait dipilihnya Ketua Umum Majelis Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) mendampingi Joko Widodo di Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2019 ditanggapi oleh Anggota Komisi VIII DPR RI Sodik Mudjahid.

Soddik meminta KH Ma’ruf Amin mundur dari jabatannya, ia mengatakan pengunduran diri harus dilakukan karena MUI sudah seharusnya tidak berpihak pada kepentingan politik manapun.

BACA JUGA: KH Ma’ruf Amin Terpilih sebagai Cawapres Jokowi, Ketum MUI Jateng: Saya Amat Bersyukur

“Almukarrom KH Ma’ruf Amin sebaiknya mundur dari posisi Ketua MUI,” kata Sodik, pada Ahad (12/8/2018) kemarin.

Menurut Sodik dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART MUI) pasal 3 ditegaskan bahwa MUI adalah lembaga independen. Sehingga MUI tidak bisa berpihak pada kepentingan politik manapun.

“Sementara pasal 6 mengatakan bahwa MUI adalah penghubung umat dengan umara (pemimpin) dan penterjemah timbal balik kepentingan ulama dan umara,” katanya.

Related Posts
1 of 56

Sodik menilai status calon wakil presiden yang kini diemban Ma’ruf bakal mengaburkan sikap independen MUI. Sebab, Ma’ruf bakal mengikuti kontetasi yang bakal menyingkirkan kelompok lainnya.

“Atau setidaknya sulit untuk bersikap independen dalam memimpin MUI. Di lain pihak, banyak masalah bangsa ke depan, dalam berbagai bidang kehidupan yang masih perlu mendapat fatwa MUI,” ujar dia.

BACA JUGA: KH Ma’ruf Amin dan Sandiaga Terpilih sebagai Cawapres, Jimly: Takdir Politik Itu Memang Ada

Ia berharapa dengan pengunduran diri ini bisa membebaskan Ma’ruf dari tekanan psikologis dalam mengeluarkan kebijakan fatwa bagi pemerintah.

“Dengan kata lain langkah pengunduran diri dari ketua MUI, memberikan manfaat bagi MUI, umat, pemerintah, bangsa dan bagi pribadi KH Ma’ruf sendiri,” tandasnya. []

SUMBER: CNN

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline