ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Mahasiswa Purwakarta Gelar Aksi Peduli Suriah

Foto: Islampos
0 233

PURWAKARTA–Beberapa hari yang lalu, rezim Bashar al-Ashad menjatuhkan bom kimia (sarin) di kota Idlib, Suriah. Sedikitnya 100 orang tewas dan 500 orang lain nya luka-luka, termasuk para wanita dan anak-anak.

Menyikapi hal tersebut, Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Fokussalam UPI Kampus Purwakarta menggelar aksi kemanusiaan yang bertajuk ‘Peduli Suriah’ pada Sabtu (8/4/2017) sore, di Jl K.K Singawinata, Purwakarta.

Selama satu jam menjalankan aksinya itu, mereka sudah meraup donasi yang besar dari pengguna jalan raya dan pejalan kaki yang hendak menuju lokasi wisata kuliner.

“Alhamdulillah, donasi yang terkumpul hari ini mencapai Rp 2.567.100. Sumbangan ini akan dikirim langsung ke warga Suriah melalui FSLDK Baraya (Bandung Raya),” ujar Ketua LDK Fokussalam UPI Purwakarta Febri Ramdan Dwi Putra.

Peserta aksi peduli Suriah itu berjumlah 31 orang yang didominasi oleh kaum hawa, di antaranya 24 orang perempuan dan 7 orang lainnya laki-laki.

Mereka berjajar di pinggir jalan, sembari mengangkat kertas karton yang bertuliskan ‘Let’s Save Syria’ (Mari Selamatkan Suriah), dan sebuah kardus bekas yang ditempeli kertas ‘Donasi untuk Suriah’ sembari melantunkan nyanyian “Ayo… bantu… bantu suriah… bantu suriah sekarang juga”.

“Walau pun aksi kami sederhana, tetapi kami yakin bahwa niat yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik pula, insya Allah,” terang Febri.

Sebagai sesama Muslim, Febri menambahkan, harus saling membantu apabila ada umat Muslim lainnya yang tertimpa musibah atau bencana, walaupun berbeda negara.

“Dalam aksi kemanusiaan ini, kami ingin menanamkan sifat empati terhadap sesama Muslim dimanapun mereka berada,” ungkap Febri, Sabtu (8/4/2107).

Menurutnya, kewajiban membantu saudara sesama Muslim sudah tercantum dalam Hadist Riwayat Al-Bukhari dan Muslim, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Tidak beriman seseorang hingga ia mencintai saudaranya sama seperti ia mencintai dirinya sendiri,” jelasnya.

Febri berharap dengan adanya aksi peduli Suriah yang dilakukannya itu, bisa memberikan pengetahuan kepada masyarakat soal kondisi saudara Muslimnya di Suriah.

“Tadinya banyak warga yang tidak tahu soal kasus ini. Akhirnya kini mereka menjadi tahu, dan bisa ikut membantu,”

Febri mengaku, saat ini dirinya ingin mengadakan aksi lanjutan di Purwakarta, namun ia harus menunggu perintah dari FSLDK Indonesia.

“Mengingat Suriah sedang dalam keadaan genting, insya Allah Aksi lanjutan akan diadakan tinggal menunggu instruksi dari FSLDK Nasional,” tuturnya.

Sebelumnya, FSLDK Indonesia pada Kamis (6/4/2017), menggelar Aksi kemanusiaan serentak di 22 daerah di Indonesia, di antaranya Lampung, Kalimantan Barat, Kepulauan Riau, Solo, Banten, Jambi, Aceh, Depok, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Bandung, Nusa Tenggara, Sumatera Selatan, Ternate, dan Malang, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Priyangan Timur, Kalimantan Barat, Surabaya, Bali, Sumatera Barat dan Bangka Belitung.

“Semoga dengan dana yang terkumpul bisa membantu saudara-saudara kita yang ada di sana, dan Allah SWT segera membalas kejahatan yg dilakukan Rezim Bashar al-Ashad kepada warga sipil suriah.” tutupnya. []

Comments
Loading...