islampos
Media islam generasi baru

Luar Biasa, Inilah Cara Al-Azhar Menjaga Tradisi Transmisi Sanad

0

 

Sistem transmisi sanad keilmuan merupakan suatu anugrah yang sangat besar yang diberikan oleh Allah Swt kepada umat Islam.

Keabsahan sanad keilmuan dan otoritas guru dan kitab adalah suatu prinsip dalam Islam. Sistem sanad inilah pula yang sangat berfungsi untuk menjaga otentitas agama Islam. Siapapun tidak dibenarkan bicara tentang agama dengan sesuka hati.

Hal ini selaras dengan perkataan ulama yaitu Ibnu Mubarak: “Sanad adalah bagian dari agama,Kalau bukan dengan sanad,niscaya orang akan berbicara semaunnya.”

Al-Azhar yang merupakan salah satu universitas tertua di dunia ini yang dibangun pada tahun 970 M . Dengan manhajnya yang mengusung kemoderatan yang menjadikannya isnpirasi perdaban madani sehingga dapat berdiri kokoh hingga saat ini.

Selain itu, hingga saat ini Al-Azhar memegang prinsip menyeimbangkan segala yang berlebihan dan menengahkan yang selalu membelok. Itulah mengapa manhajnya dikagumi dan dijadikan patokan oleh banyak kalangan terlebih umat Islam di seluruh dunia.

Terlebih transmisi sanad yang sangat sering dilakukan oleh Al-Azhar itu sendiri yang membuat tradisi keilmuan di Al-Azhar selama beratus-ratus tahun lamanya tidak terputus.

Bagaimana tidak, hampir setiap acara besar seperti yang terbaru kemarin dalam acara Nisfu Sya’ban, Al-Azhar kembali mengadakan majlis ilmu “periwayatan hadis keutamaan bulan syaban”.

Acara ini dihadiri oleh para ulama besar Al-Azhar seperti Syekh Saad’ Jawish, Syekh Muhaddis Ahmad Mabad, dan Syekh Muhammad Muhanna.

Setelah meriwayatkan hadis biasanya para jamaah yang hadir diberi secarik kertas yang berisikan sanad beliau yang bersambung hingga baginda Rasulullah Saw.

Dan yang lebih membanggakan lagi bagi mahasiswa Indonesia di mesir, sanad yang dibacakan oleh para ulama Azhar  di atas diriwayatkan dari Syekh Yasin Al-Fadani ulama kenamaan asal padang, Sumatera barat yang memiliki lebih dari 700 guru.

Itulah cara Al-Azhar menjaga tradisi keilmuan dengan transmisi sanad yang sudah diterapkan sejak dahulu kala sehingga otoritas keilmuan Islam bertahan hingga saat ini. []

loading...
loading...