ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

LPOI Minta Peserta Pemilu Tidak Kampanye Bawa Bendera Tauhid

0

Advertisements

JAKARTA–Lembaga Persahabatan Ormas-ormas Islam (LPOI) meminta kepada semua pihak peserta pemilu agar tidak melibatkan bendera tauhid atau menjadikan agama sebagai alat politik selama kampanye pemilu 2019.

“LPOI meminta kampanye tidak memakai bendera tauhid atau memakai agama untuk alat politik,” kata Sekretaris Jenderal LPOI Lutfi A. Tamimi di kantornya, Sabtu (17/11/2018).

Menurut Lutfi, penggunaan bendera tauhid dalam kampanye berpotensi memicu gesekan antarpendukung peserta pemilu. Ia menyarankan agar pelaksanaan kampanye hanya memakai bendera partai saja.

Baca Juga: Ini Kejanggalan Kasus Bendera yang Menimpa HRS di Arab Menurut PKS

“Nantinya jadi perang di lapangan gara-gara bendera tauhid. Tidak boleh bawa-bawa agama. Biar pakai bendera Demokrat, Golkar, semua terserah tapi jangan pakai bendera tauhid,” ujarnya.

Related Posts
1 of 176

Lutfi menilai, di negara manapun di seluruh dunia, tidak ada yang menggunakan bendera tauhid untuk berkampanye pemilu.

Lembaga yang didirikan oleh tiga belas ormas Islam ini meminta pemerintah, KPU, Bawaslu dan kepolisian bertindak tegas dalam penggunaan bendera tauhid selama masa kampanye.

Baca Juga: Diduga Hina Bendera Tauhid, Abu Janda Dilaporkan ke Polisi

“Mau bawa bendera apa saja silakan tapi jangan bendera tauhid. Sudah cukup kemarin itu pelajaran jangan diulangi lagi,” katanya.

Aturan soal bendera termaktub dalam Peraturan KPU Nomor 23 Tahun 2018 tentang Alat Peraga Kampanye. Pada pasal 27 dan 45 disebutkan bahwa peserta pemilu hanya diperbolehkan membawa bendera yang berkaitan dengan atributnya masing-masing. []

SUMBER: CNN INDONESIA

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Maaf Anda Sedang Offline