ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Libur Bukan Alasan untuk Bangun Siang ya?

0

Oleh: Umma Azura

 

NABI bersabda, “Ya Allah, berkahilah umatku pada waktu pagi mereka.”

Allah Ta’ala telah menjadikan waktu malam untuk tidur dan beristirahat, serta menjadikan waktu siang untuk beraktivitas dan mencari penghidupan. Allah berfirman,

“Dia menyingsingkan pagi dan menjadikan malam untuk beristirahat, dan (menjadikan) matahari dan bulan untuk perhitungan. Itulah ketentuan Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui” (Al-An’am [6] : 96).

Rasulullah sangat menjaga kebiasaan bangun lebih awal, dan tidur malam lebih awal pula. Dan, hal ini telah dikuatkan dalam sejumlah hadits. Ada hadits yang menyebutkan bahwa beliau membenci tidur sebelum Isya, lalu ngobrol (baca : begadang) setelahnya (HR. Bukhari dan Muslim).

Di satu sisi, beliau mendoakan siapa saja yang bersegera memulai aktivitasnya pada awal siang agar mendapatkan berkah. Beliau bersabda, “Ya Allah, berkahilah umatku pada waktu pagi mereka,” (HR. Abu Dawud, dan Tirmidzi).

Di kekinian, sejumlah manfaat bangun pagi untuk kesehatan telah banyak ditemukan. Udara pagi yang bersih dan minim polusi pada waktu pagi akan memperlancar peredaran darah.

Aliran darah dan oksigen yang lancar tentunya berpengaruh pada kerja otak. Dan, otak yang berkerja dengan baik akan meningkatkan memori otak, sehingga meningkatkan daya ingat.

Selain itu, udara bersih yang kita hirup pada waktu pagi akan menyehatkan paru-paru dan bagus untuk pembentukan zat antibodi secara maksimal.

Zat antibodi ini bermanfaat dalam meningkatkan sistem imun, sehingga tubuh tak mudah sakit.

Pada waktu pagi, paparan sinar matahari sebelum jam 9, sangat baik untuk kesehatan kulit dan tulang kita.

Sinar matahari pagi kaya akan kalium, yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang. Sehingga tulang menjadi sehat dan terhindar dari kerapuhan dan pengeroposan tulang

Bukan hanya untuk kesehatan fisik, bangun pagi akan membangkitkan mood. Sinar mentari pagi diketahui dapat merangsang pembentukan hormon serotonin dalam tubuh. Hormon ini bertanggung jawab pada suasana hati dan keseimbangan mental yang lebih baik.

Dengan mood yang lebih baik, seseorang akan lebih produktif dan berkerja jauh lebih baik.

Jangan lupa mandi air dingin sebelum subuh untuk menyempurnakan sejumlah manfaat bangun lebih pagi.

Dan, yang paling penting, bangun lebih pagi tentu saja membuat kita bisa beribadah tepat waktu. Menyembah dan meminta kepada-Nya, agar sepanjang hari ini semua aktivitas kita bernilai ibadah.

“Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepadaMu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal dan amal yang diterima.”

So, libur bukan alasan bangun siang ya? []

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...