Lengkapi Wisata Kuliner di Malang dengan Menyantap Orem-Orem

0

Bakso Malang, cwie mi, dan nasi goreng mawut. Sebagian besar dari Anda pasti sudah pernah mencoba ketiga makanan khas Malang tersebut. Namun, ada satu lagi makanan asli Malang yang layak Anda coba saat menjelajahi kuliner di kota pariwisata ini, orem-orem namanya.

Orem-Orem, Perpaduan Kuah Santan yang Gurih dan Tempe Malang

Anda yang belum pernah menyantap orem-orem pasti merasa aneh sangat mendengar namanya. Namun, jangan keburu enggan mencicipinya. Cobalah sekali, dijamin Anda pasti akan ketagihan dan mengidamkan makanan ini saat berada di Malang.

Jika dilihat sekilas, orem-orem memiliki tampilan yang mirip dengan makanan khas Indonesia yang menggunakan kuah berbahan santan, seperti opor ayam atau sayur lodeh. Akan tetapi, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat orem-orem sedikit berbeda.

Orem-orem terdiri dari potongan ketupat, tempe Malang yang digoreng, dan taoge. Semua bahan tersebut kemudian disiram dengan kuah santan. Kemudian, biasanya ditambahkan ayam yang dimasak bersama santan, telur ayam rebus, atau telur asin. Terakhir, orem-orem akan diberi kecap manis, sambal, dan koya sebelum dihidangkan.

Rahasia kelezatan orem-orem terletak pada proses pemasakannya. Makanan tradisional ini tidak dimasak dengan menggunakan kompor, namun masih menggunakan api yang dihasilkan dari pembakaran arang. Konon, cara inilah yang membuat aroma bumbu menjadi lebih wangi. Selain itu, penggunaan bumbu secara lengkap adalah hal yang wajib, untuk menghasilkan kuah yang kental dan bercita rasa tinggi.

Di Balik Kelezatan Orem-Orem

Sebagaimana makanan tradisional yang memiliki cerita di balik kemunculannya, begitu pula orem-orem. Orem-orem pada awalnya tidak disantap warga Malang pada hari-hari biasa. Menu ini hanya disajikan pada acara-acara besar, seperti pada pesta pernikahan dan selamatan, sebagai simbol perwujudan syukur kepada Tuhan atas rezeki yang diterima.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, orem-orem mulai dijual di kedai-kedai dan pedagang kaki lima. Setiap orang pun bisa menikmati kelezatan makanan ini kapan saja, tanpa harus menunggu diadakannya hajatan.

Meskipun demikian, tampaknya saat ini Anda akan kesulitan menemui penjaja orem-orem di Kota Malang, karena jumlah pedagang kuliner tersebut sudah tidak sebanyak dulu. Padahal, jumlah peminatnya masih banyak dan mereka kerap mencari makanan ini saat berkunjung ke Malang. Apalagi orem-orem tidak dijual di kota lain, sehingga satu-satunya cara untuk melepas rindu terhadap makanan ini adalah dengan pergi ke tempat asalnya.

Lokasi Kedai Orem-Orem

Sulit ditemukan bukan berarti penjual orem-orem sudah benar-benar punah. Anda masih bisa menjumpai makanan khas Malang ini di empat lokasi, yaitu Orem-Orem Khas Arema di Jalan Blitar, Orem-Orem Pak Syahri di Jalan Gatot Subroto, Orem-Orem Pak Tikmanan di Jalan Pasar Comoboran, dan Orem-Orem Pak Mahmudi di Jalan Singosari.

Semua kedai menawarkan orem-orem yang lezat dan menjadi favorit warga setempat. Harga tiap porsinya pun kurang lebih sama, yaitu sekitar Rp7.000,00 hingga Rp8.000,00. Namun, kedai yang paling populer adalah milik Pak Tikmanan. Kabarnya, pembawa acara kuliner terkenal, Bondan Winarno, pernah berkunjung untuk menyantap orem-orem di sana.

Nah, Anda yang berencana untuk liburan sekaligus berwisata kuliner ke Malang jangan lupa untuk menjajal orem-orem. Setelah perut Anda kenyang, saatnya beristirahat di penginapan yang nyaman.

Nyaman bukan berarti harus mahal. Ada banyak hotel murah di Kota Malang yang juga menawarkan fasilitas layaknya hotel berbintang. Salah satu yang terbaik adalah Airy Rooms. Meskipun berstatus hotel murah, fasilitas yang ditawarkan dijamin tidak murahan. Setiap kamar hotel pasti dilengkapi AC (hanya untuk daerah panas), televisi, shower air hangat, perlengkapan mandi, air minum gratis, dan Wi-Fi. Kebersihan kamar dan tempat tidur juga sangat dijaga sehingga Anda dapat beristirahat dengan nyaman.

Nah untuk umat muslim, yang ingin menginap dengan makanan yang sudah pasti halal dan kamar mandi yang pasti bershower/bidet, Airy Rooms juga menyediakan hotel-hotel Syariah di Malang.

Anda bisa memesan kamar lewat website resminya di www.airyrooms.com dan melalui aplikasi Android atau iOS Airy Rooms. Pembayaran juga bisa dilakukan melalui transfer ATM atau kartu kredit. Selamat berlibur di Malang ya! []

loading...
loading...