islampos
Media islam generasi baru

Lembaga HAM Swedia Kecam Tindakan Pengusiran Mahasiswa Palestina

Foto: PIC
0

PALESTINA—Lembaga HAM Swedia Skyline International dikabarkan telah menyatakan keprihatinannya terhadap seorang mahasiswa Palestina. Menurut laporan, seorang mahasiswa bernama Ammar al-Ashqar yang dilarang mengikuti kelas kuliah oleh Universitas Nasional An-Najah di Nablus, PIC melaporkan pada Ahad (6/8/2017).

Skyline International yang berbasis di Stockholm mengecam keras tindakan oknum pengajar yang mengusir al-Ashqar, seorang mahasiswa kedokteran dan juga koordinator gerakan pemuda medis di universitas tersebut.

Kepala departemen hukum Skyline mengatakan bahwa al-Ashqar ‘ditendang’ keluar kelas karena sebuah di Facebook-nya yang menyatakan solidaritas kepada wanita dan gadis Palestina yang terus berjaga di sekitar Masjid al-Aqsha dalam beberapa pekan terakhir. Perempuan yang ikut aksi tersebut juga dilarang masuk kampus dan ikut serta dalam sebuah konferensi tentang al-Aqsa.

Perwakilan Skyline menambahkan bahwa tindakan tersebut menindas dan bertentangan dengan semua undang-undang nasional dan internasional yang memberikan kebebasan berbicara.

Skyline meminta dewan administratif An-Anajah untuk mencabut larangan tersebut, mengizinkan al-Ashqar untuk melanjutkan karir akademisnya, dan menghormati hak siswa atas kebebasan berekspresi di dalam dan di luar kampus. []

loading...
loading...