ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Lebih dari 2 Juta Jemaah Haji Padati Mina

Foto: Arabnews
0

ARAB SAUDI—Lebih dari dua juta Muslim dari seluruh dunia telah memadati Mina untuk menghabiskan hari Tarwiyah (hari besar haji dengan mengikuti yang dilakukan Nabi Muhammad SAW). Setelah itu para peziarah melaksanakan wukuf Arafah yang merupakan puncak ibadah haji pada Kamis (31/8/2017).

Menurut laporan Arabnews, ribuan petugas keamanan ikut mendampingi arus peziarah di sepanjang jalan, jembatan, dan terowongan Mina yang luas. Sedangkan Saudi Press Agency (SPA) bertugas memonitor para peziarah yang berangkat dari Makkah ke Mina.

Perjalanan mereka berjalan lancar meski ada sejumlah besar kendaraan dan pejalan kaki. Patroli lalu lintas dibantu oleh aparat keamanan dalam usaha mereka mengatur lalu lintas, membimbing peziarah dan menjaga keamanan.

Kementerian Kesehatan Saudi telah menyiapkan tenaga medis dan perawatan kesehatan kepada peziarah selama musim haji tahun ini. Untuk itu Saudi menyediakan ribuan dokter, perawat dan spesialis yang ditunjuk untuk melayani peziarah. Anggota ini bekerja di rumah sakit di dekat tempat suci dan Makkah.

Kementerian tersebut membantu pihak berwenang seandainya terjadi hal buruk dan menangani keadaan darurat yang mungkin timbul saat jamaah haji di jembatan Mina dan Jamaarat.

Bersama dengan kementerian kesehatan, ikut pula departemen layanan medis dari Kementerian Garda Nasional, Kementerian Pertahanan dan rumah sakit yang menunjuk ratusan anggotanya untuk menawarkan layanan medis kepada peziarah di tempat-tempat suci. []

loading...
loading...