Lawan Katarak di Afrika, OKI Siapkan 30 Juta Dolar

0

TURKI—Bank Pembangunan Islam (IDB) dari Organisasi Kerjasama Islam (OKI) telah menyiapkan dana 30 juta USD untuk melakukan lebih dari 100 ribu operasi katarak dan menyediakan kacamata bagi sejuta anak di Afrika. Keterangan ini disampaikan kepala OIC International Islamic Trade Finance Corporation (ITFC) pada Senin (18/3/2018).

“Sekitar 33 juta orang di Afrika menderita gangguan penglihatan. Padahal 75% kasus dapat dicegah atau diobati, terutama yang berkaitan dengan katarak,” kata CEO ITFC, Waleed al-Wohaib di Istanbul Turki selama pertemuan koordinasi program melawan kebutaan di Afrika.

Katarak menghalangi penglihatan seseorang. Bahkan jika tidak ditangani bisa berujung pada kebutaan, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Related Posts
1 of 9

Penyakit ini adalah penyebab separuh kebutaan dan 33% gangguan penglihatan di seluruh dunia. Sekitar 20 juta orang di seluruh dunia buta karena katarak. Biaya operasi katarak sekitar 75 USD, menurut Yayasan Bantuan Kemanusiaan Turki.

Islam memiliki sejarah panjang dengan katarak. Dokter mata Muslim abad pertengahan Ammar Al-Mawsili, dalam buku “Choice of Eye Diseases” -nya yang ditulis pada tahun 1000 M, menggambarkan penemuannya tentang suntik dan teknik ekstraksi katarak.

Pada tahun 2008, IDB membentuk Aliansi Melawan Kebutaan (AFAB) di bawah Dana Solidaritas Islam untuk Pembangunan (ISFD) untuk memberikan perawatan mata kepada hampir seperempat juta orang di delapan negara Afrika antara tahun 2008 – 2015. []

SUMBER: ABOUTISLAM

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline