islampos
Media islam generasi baru

Laporan: Dari 54 Negara Afrika, Hanya 3 Negara dengan Tingkat Kelaparan Rendah

Foto: Worldbulletin
0

ETHIOPIA—Badan Pemantau Kelaparan Dunia (Global Hunger Index) dikabarkan telah mengumumkan betapa parahnya tingkat kelaparan di benua hitam Afrika.

Hanya tiga dari 54 negara di Afrika yang dianggap memiliki tingkat kelaparan yang rendah, ungkap Global Hunger Index yang dirilis di ibukota Ethiopia Addis Ababa pada Ahad (2/7/2017), Worldbulletin melaporkan.

Menurut laporan Uni Afrika dan Kemitraan Baru untuk Pembangunan Afrika (NEPAD), berdasarkan data dari penelitian pada tahun 2015 dan 2016, tingkat kelaparan di lima negara Afrika dikategorikan pada tingkat “Amat mengkhawatirkan.” Sedangkan ada 28 negara Afrika yang termasuk dalam kategori “Tingkat kelaparan serius,” kata laporan tersebut.

“Beberapa negara di Afrika, seperti Ethiopia, Republik Demokratik Kongo, dan Nigeria mengalami kasus di mana lebih dari 50 persen balita kelaparan atau mengalami busung lapar,” tambahnya.

Namun laporan tersebut juga mengandung beberapa perkembangan positif.

“Ada pula negara yang masuk kategori tinggi dalam memenuhi nutrisi. Misalnya tingkat kesehatan makanan di Mali, Nigeria dan Togo yang meningkat 13 persen. Selain itu investasi dalam meningkatkan skala nutrisi juga Tinggi, ” tulis laporan itu.

Sekretaris Eksekutif NEPAD Ibrahim Mayaki mengatakan masalah kelaparan dan kekurangan gizi di Afrika harus segera di selesaikan.

“Nutrisi harus dijadikan prioritas nasional. Sektor pertanian dan kesehatan juga harus diperhatikan,” ungkap Mayaki. []

loading...
loading...