islampos
Media islam generasi baru

Lakukanlah Hal-hal Ini ketika Wudhu

Foto: Yes Muslim -
0

 

KETIKA sedang berwudhu, ada baiknya kita melakukan adab -adab ketika berwudhu. Agar wudhu yang dilakukan dapat dilakukan dengan khusyuk dan tercapainya wudhu yang sah.

1. Menghadap ke arah kiblat

Imam Nawawi menuturkan, wudhu dengan menghadap kiblat lebih baik jika dapat dilaksanakan. Hal ini bukan menjadi suatu keharusan dan salah satu syarat sah wudhu. Namun lebih baik adanya apabila kita bisa melakukannya.

2. Di tempat yang lebih tinggi untuk terhindar dari najis

Dengan berwudhu di tempat yang pijakannya lebih tinggi dari tempat jatuh dan mengalirnya air dari keran, insyaAllah dapat mengurangi lebih sedikit terkenanya kembali najis yang telah dibasuh. Hal ini dilakukan sebagai wujud ikhtiyat (kehati – hatian) kita agar benar – benar suci setelah berwudhu.

3. Tidak sambil bicara

Hukum berbicara ketika wudhu adalah makruh, walaupun hukum ini berubah menjadi wajib ketika dalam keadaan mendesak dan darurat. Adapun etikanya yang lebih baik ketika tidak ada sesuatu yang mendesak untuk tidak berbicara agar diraihnya kekhusyuan dalam berwudhu.

4. Tidak meminta bantuan orang lain

Berwudhu lebih baik dilakukan sendiri tanpa meminta bantuan orang lain. Seperti meminta bantuan untuk mengucurkan air wudhu. Tentu saja hal ini lebih baik agar tidak merepotkan dan menyusahkan orang lain yang diminta bantuan. Selain itu, dengan melakukannya sendiri, kita bisa mengira – ngira kadar air yang dibutuhkan supaya tidak banyak air yang terbuang sia – sia.

5. Tidak menepukkan air ke anggota badan dengan kasar

Selain itu, kita dianjurkan untuk mengalirkan air ke anggota badan dengan cara mengusapnya saja secara lembut dan halus. Tidak perlu dengan cara menepuknya sampai memukulnya keras. Hal ini agar air wudhu dapat membersihkan anggota badan secara merata dan air mudah diresap kulit.

6. Tidak memboroskan air

Terakhir, kita dilarang untuk menggunakan air untuk berwudhu secara berlebihan, sehingga banyak air yang terbuang percuma. Sekali lagi, Allah SWT sangat tidak suka terhadap sesuatu yang dilakukan secara berlebihan. Gunakanlah air secukupnya. Karena diluar sana masih banyak saudara kita di daerah lain yang sangat membutuhkan air dan kekurangan air bersih.

Sumber : Rahasia wudhu/Eep Khunaefi El-Ghony/PT Variapop Group/Mei 2013/Cibubur

loading...
loading...