ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Lakukan Amal Shaleh Sebelum Didahului 6 Hal Ini

Foto: Fatmah/islampos
0

SAUDARAKU,

SEBAGAI seorang muslim, melaksanakan amal shaleh merupakan suatu perkara yang harus senantiasa dilakukan. Hal ini demi kebaikan untuk dirinya sendiri dan orang lain. Juga sebagai penentu dirinya di hari akhir kelak. Sebab, apa yang kita lakukan saat ini menjadi perhitungan untuk di yaumil akhir kelak.

Amal shaleh itu harus kita lakukan sebelum terjadi beberapa tanda yang telah diutarakan oleh Rasulullah SAW. Di mana ada 6 perkara yang akan terjadi di akhir zaman kelak. Apa sajakah itu?

Saudaraku,

Imam Ahmad menuturkan, Abdullah Shamad dan Affan bercerita kepada kami, keduanya berkata; Himam bercerita kepada kami, Qatadah bercerita kepada kami, dari Hasan, dari Ziyad bin Rabbah, dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Segeralah melakukan amalan-amalan sebelum (di dahului) enam hal: Terbitnya matahari dari barat, Dajjal, kabut, hewan melata bumi, kematian salah seorang dari kalian dan hancurnya dunia.”

Qatadah berkata, “Rasulullah mengatakan amrul amah maksudnya adalah kiamat.”

Saudaraku,

Seperti itu juga riwayat Muslim dari hadis Syu’bah dan Abdush Shamad, keduanya dari Himam, dengan matan yang sama. Selanjutya Ahmad meriwayatkan hadis ini secara tersendiri, dengan matan yang sama, dari Abu Dawud, dari Imran Qaththan, dari Qatadah, dari Abdullah bin Rabbah bin Abu Hurairah secara marfu’ dengan matan serupa.

Ahmad menuturkan, Sulaiman bercerita kepada kami, Ismail bercerita kepada kami, Alla mengabarkan kepadaku, dari ayahnya, dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Segeralah lakukan amalan-amalan (sebelum didahului) enam hal: Terbitnya matahari dari barat, Dajjal, kabut, hewan, kematian salah seorang di antara kalian dan kiamat.”

Muslim meriwayatkan hadis ini dari Ismail bin Ja’far al-Madani dengan matan yang sama. []

Sumber: Bencana dan Peperangan Akhir Zaman Sebagaimana Rasulullah SAW Kabarkan/Karya: Ibnu Katsir/Penerbit: Ummul Qura

loading...
loading...