ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

KontraS: Kasus Novel Baswedan Mirip Perkara Munir

0

Advertisements

JAKARTA—Lambatnya penyelesaian kasus yang menimpa Novel Baswedan, menurut Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Yati Andriyani serupa dengan pengungkapan perkara Munir.

“Sama seperti kasus Munir, hingga saat ini belum ada kejelasan,” ujar Yati, di Piza Kafe, Menteng, Jakarta Pusat, seperti dikutip dari Tempo, Ahad, (10/12/2017).

Menurut Yati, penyidikan kasus penyerangan air keras terhadap Novel, tidak bergerak maju. Meski pada dua pekan lalu Polda Metro Jaya merilis sketsa wajah yang diduga pelaku penyerang Novel, namun hingga kini identitas dua penyerang penyidik senior KPK itu belum diketahui.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono menjelaskan pihaknya bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri untuk menemukan pelaku. Namun hingga kini belum membuahkan hasil.

Related Posts
1 of 14

“Foto di Dukcapil itu jutaan, pasti memerlukan waktu,” kata Argo di Polda Metro Jaya, pada Jumat (8/12/2017).

Yati mengatakan, aparat mengabaikan desakan masyarakat sipil untuk membentuk Tim Gabungan Mencari Fakta (TGPF) dalam kasus Novel Baswedan. Upaya-upaya mengulur waktu pengungkapan kasus ini, Menurut Yati, sangat kuat, mengingat Polri memiliki banyak pengalaman dan sumber daya dalam pengungkapan sebuah tindakan pidana.

“Jangan sampai pengungkapan kasus ini tersandera kepentingan, mengingat upaya-upaya penyerangan kriminalisasi terhadap Novel juga dilakukan secara massif,” kata Yati.

Dibutuhkan TGPF yang independen, lanjut Yati, agar terhindar dari politik kepentingan. Ia menuturkan, berbagai serangan dan upaya kriminalisasi terhadap Novel ataupun KPK patut diduga sebagai tindak pidana untuk menghalangi, mempersulit, dan menghentikan penyidikan tindak pidana korupsi.

Kasus yang terjadi pada pembela HAM seperti Munir dan Novel Baswedan, kata Yati, seharusnya dapat terselesaikan jika aparat memiliki kemauan dan keberanian dalam mengungkap kasus Novel ataupun Munir. []

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline