ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ini Komentar Wakil Dubes Belanda Soal Pilkada dan Demokrasi di Indonesia

Foto: BBC
0

JAKARTA—Ferdinand Lahnstein, Wakil Duta Besar Belanda untuk Indonesia, memuji pelaksanaan Pilkada Serentak dan proses demokrasi di Indonesia.

“Saya senang melihat proses pilkada yang berjalan, semua terencana dengan rapih, damai dan disiplin. Saya tidak melihat sesuatu yang tidak diinginkan di beberapa TPS. Cukup berkesan bagi saya melihat proses pemilihan ini berjalan dengan baik,” kata Ferdinand, lansir Republika, Rabu (15/2/2017).

Walaupun dalam proses jelang pilkada banyak isu dan rumor yang berkembang terkait soal SARA dan primordialisme, menurut Ferdinand, dari proses yang berjalan telah menunjukkan Indonesia telah dewasa berdemokrasi.

Baginya, tidak ada yang salah terhadap kelompok Islam yang berhaluan konservatif. Karena menurut Ferdinand itu bagian dari demokrasi.

“Tapi saya tetap melihat ini bagian dari demokrasi. Saya sudah tinggal satu setengah tahun di Indonesia, dan apa yang saya lihat bagian dari semangat berdemokrasi,” ujarnya.

“Dan sejauh laporan yang masuk ke kami, perkembangan demokrasi di Indonesia kini jauh lebih baik daripada negara Muslim lainnya,” kata dia. []

loading...
loading...