ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Khawatirkan Tiga Hal dan Yakini Satu Hal

Foto: Abu Umar/Islampos
0

 

SAUDARAKU,

Hidup ini tak pernah terlepas dari masalah. Setiap orang pasti mempunyai masalahnya masing-masing. Namun yang berbeda adalah bagaimana setiap orang bertindak terhadap masalahnya tersebut. Apakah dia akan menyalahkan orang lain atau ia akan intropeksi diri mengenai masalah yang dihadapinya, lalu kembali kepada Allah.

Nah di sinilah perlu adanya hal-hal yang harus kita khawatirkan ketika mempunyai masalah. Yang pertama adalah bahwa setiap permasalahan atau pun perbuatan buruk yang kita khawatirkan adalah masalah tersebut bukan hanya kita yang menikmatinya, tetapi juga mengenai orang-orang sekitar kita yang kita kasihi dan sayangi. Misalnya, karena kita mencari rezeki haram, lalu rezeki ini kita berikan kepada keluarga kita dan akhirnya mereka juga mendapatkan permasalahan yang seharusnya tidak mereka dapatkan.

Saudaraku,

Hal yang harus kita khawatirkan yang kedua adalah ketika proses penyelesaian masalah yang kita jalani tidak ada keterlibatan Allah di dalamnya. Karena, kalau petolongan Allah tidak datang, maka solusi yang kita harapkan tidak akan pernah muncul. Hadirkan Allah, hadirkan pertolongan Allah, penjagaan Allah, dan kuasa-Nya, dengan membuat-Nya senang dan berkenan kepada kita.

Saudaraku,

Hal terakhir yang harus kita khawatirkan adalah seringkali kita menyalahkan orang lain untuk kondisi buruk yang kita hadapi. Tanpa kita sadari, ketika masalah terjadi dalam hidup kita, kita sibuk mencari-cari kesalahan orang lain untuk membela diri. Padahal ketika masalah mulai muncul, hal pertama yang harus kita tanyakan adalah apa yang terjadi dengan diri kita. Dosa apa yang telah kita lakukan hingga Allah munculkan masalah untuk menegur kelalaian kita.

Tiga hal tersebut harus kita khawatirkan ketika mempunyai masalah. Jangan-jangan selama ini, masalah tak kunjung usai karena kita terlalu menyepelekan hal-hal yang justru itu penting untuk kita khawatirkan.

Saudaraku,

Adapun satu hal yang harus kita yakini ketika masalah mulai bermunculan dalam hidup kita adalah yakini bahwa Allah Maha Kuasa atas segala hal. Allah Maha Kuasa atas segala hal yang tidak mungkin bagi manusia. Allah lah yang membuka jalan yang sudah tertutup bagi manusia.

Saudaraku,

Allah pula yang meringankan beban kita ketika terasa begitu berat. Allah lah yang memudahkan segala urusan kita. Serumit apapun masalah yang kita hadapi, yakini bahwa Allah maha kuasa atas segala sesuatu. Dia mampu mengubah masalahmu menjadi anugrah. Selama kita percaya bahwa Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.[]

Sumber: Mencari Tuhan yang Hilang/Yusuf Mansur/Zikrul

loading...
loading...