ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

KH. Ma’ruf Amin: Ulama Harus Banyak Agar Umat Paham Ilmu Agama

Foto: Suara Merdeka
0

JAKARTA – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia yang juga Rais Aam PBNU KH Ma’ruf Amin menilai, ponpes berperan penting dalam menjaga agar kekosongan ulama tidak terjadi.

Ketiadaan ulama di tengah-tengah masyarakat, kata ia, akan membuat umat seakan tidak memiliki panduan dalam mengimplementasikan nilai-nilai keislaman.

“Kalau sampai tidak ada seorang alim ulama, orang akan mengangkat pemimpin yang bodoh-bodoh yang tidak paham agama.

Kalau ditanya soal ilmu (agama) mereka sesat dan menyesatkan, karena itu ulama harus terus dicetak,” kata KH Ma’ruf Amin dalam Milad Ponpes Sidogiri ke-280 di Ponpes Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur, Minggu (14/05/2017) kemarin malam.

Bagi KH Ma’ruf Amin, ponpes adalah tempat untuk mempersiapkan orang-orang yang diharapkan dapat betul-betul memahami agama, menjadi pejuang agama, dan tokoh perubahan di dalam masyarakat.

H Ma’ruf Amin pun memuji capaian Ponpes Sidogiri yang masih bertahan dan tetap istiqomah hingga saat ini dalam mencetak generasi Islam yang berkualitas.  “Saya berharap (Ponpes Sidogiri) tetap eksis,” ujar KH Ma’ruf Amin

KH Ma’ruf Amin menambahkan, ponpes menjadi tempat yang terus menerus melahirkan para ulama hebat. Menurut dia, hal ini harus dilakukan secara berkesinambungan.

“Ulama ini perlu senantiasa kita siapkan supaya tidak terjadi kekosongan, karena banyak ulama sepuh dipanggil Allah SWT,” pungkasnya.[]

Sumber: Era Muslim

loading...
loading...