Keutamaan Sholat Tahajud

0

Oleh: Minah, S.Pd.I
Penulis Motivasi

SHOLAT tahajjud adalah amalan yang mulia. Inilah kebiasaan orang-orang yang sholeh. Mereka biasa menjaga sholat malamnya. Waktu malam mereka gunakan untuk bermunajat kepada Allah yakni tempat untuk mencurahkan seluruh problema kehidupan kepada Sang pemilik kehidupan.

“Pada malam hari, hendaklah kamu sholat tahajjud sebagai tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ketempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra:79)

Sholat tahajud ujiannya cukup berat, kenapa? Karena disaat manusia terlelap tidur dari keletihannya selama beraktifitas disiang hari, mereka merasa berat untuk bangkit mengambil air wudhu dan mendirikan sholat.

BACA JUGA: Shalat Sunnah Sebelum dan Sesudah Shalat Jum’at, Adakah?

Terkadang banyak dari kita yang susah untuk sholat tahajjud. Karena rasa kantuk yang berat sehingga susah untuk bangun malam. Agar mampu bangun di sepertiga malam yaitu tidur diawal, tidur setelah sholat isya. Sebelum tidur niatkan untuk bangun sholat tahajjud. Jika sudah terbangun maka bersegeralah mengambil air wudhu.

Sholat tahajjud memang berat tapi dapat ringan jika sering dilatih dengan kesungguhan. Jika tidak bisa setiap malam maka usahakn seminggu sekali atau sebulan sekali.. atau setahun sekali. Namun lebih baik jika setiap hari. Semoga dimudahkan untuk sholat tahajjud. Aamiin.

Bangun di sepertiga malam memang cukup berat tetapi dibalik itu semua, banyak terkandung keutamaan. Wahab bin Munabih berkata, sholat diwaktu malam akan menjadikan orang yang rendah kedudukannya menjadi mulia. Ibnu Qayyim rahimahullah mengatakan, “cobalah renungkan bagaimana Allah membalas sholat malam yang mereka lakukan secara sembunyi-sembunyi dengan balasan yang ia sembunyikan bagi mereka yakni yang tidak diketahui oleh semua jiwa. Juga bagaimana Allah membalas rasa gelisah, takut dan gunda gulana mereka diatas tempat tidur saat bangun untuk melakukan sholat malam dengan kesenangan jiwa- didalam surga.”

So, dimana ada kemauan pasti ada jalan. Luruskan niat dan kuatkan tekad maka insyaallah dapat melakukan sholat tahajjud walaupun tidak setiap malam. Oleh karena itu, yuk usahakan agar kita mampu sholat tahajjud. Niatkan hanya karena Allah dan karena ingin semakin mendekatkan diri kepada Allah. []

Kirim RENUNGAN Anda lewat imel ke: islampos@gmail.com, paling banyak dua (2) halaman MS Word. Sertakan biodata singkat dan foto diri.

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline