ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ketum MUI: Keputusan HTI Ditentukan oleh Pengadilan

0

Jakarta—  Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat KH Ma’ruf Amin menyampaikan pendapatnya terkait rencana pemerintah yang akan membubarkan organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Kyai Ma’ruf mengatakan, HTI saat ini tengah dipersoalkan komitmen kebangsaannya oleh pemerintah dan banyak pihak lainnya, terutama menyangkut isu khilafah.

“Khilafah itu (sistem) pemeritahan yang berbeda dengan pemerintahan RI. Isu itu menjadi kontroversi, (mereka) dianggap tidak punya komitmen terkait sistem pemerintahan dalam NKRI,” ungkap Kyai Ma’ruf dalam konferensi pers nya senin malam (09/05/2017).

Namun demikian, terkait pembubaran HTI, menyitir pendapat Ketua MPR Zulkifli Hasan saat menyampaikan sambutan Pembukaan Rakornas Komisi Dakwah, Kyai Ma’ruf mengatakan, pemerintah tidak bisa membubarkan HTI dengan begitu saja tetapi harus melalui pengadilan.

MUI berpendapat, jika tuduhan terhadap HTI itu nanti dapat dibuktikan di pengadilan, maka sudah ada sistem di Negara ini untuk menanganinya.

“Ormas yang berdiri di Indonesia harus punya komitmen kebangsaan,” tandasnya.

Namun untuk pembubaran HTI, sekali lagi Kyai Ma’ruf menegaskan hal itu harus dilakukan melalui mekanisme pengadilan.

“Nanti kita lihat pemerintah, Negara melalui pengadilan, akan ditentukan seperti apa, Nanti yang menentukan pengadilan,” pungkasnya.[]

 

Sumber: SuaraIslam

 

 

 

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...