islampos
Media islam generasi baru

Ketua Pemuda Muhammadiyah: HTI Tidak Bisa Dibubarkan Tanpa Proses hukum

0

JAKARTA—Terkait pembubaran ormas HTI oleh pemerintah, Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan hanya pengadilan yang dapat membubarkan ormas tersebut.

“Pemerintah tidak bisa serta merta membubarkan HTI tanpa proses hukum. Pemerintah harus bisa membuktikan di pengadilan bahwa HTI merongrong Pancasila,” kata Dahnil, Senin (9/6/2017).

Pemerintah jangan bersikap represif dengan membubarkan HTI tanpa proses hukum, lanjut Dahnil, dan harus ada pembuktian yang jelas bahwa mereka benar-benar tidak bersesuaian dan mengancam Pancasila.

“Anggaplah HTI antidemokrasi, pemerintah jangan mencederai demokrasi dengan bersikap antidemokrasi,” jelasnya.

Dahnil berharap agar situasi saat ini tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk melakukan tindakan-tindakan di luar hukum dengan melanggar hak demokratis HTI.

Begitu pula bila HTI menganggap tidak mengancam NKRI dan Pancasila, Dahnil menyarankan ormas tersebut untuk menempuh jalur hukum.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan bahwa pemerintah akan membubarkan HTI.

“Mencermati berbagai pertimbangan serta menyerap aspirasi masyarakat, pemerintah perlu mengambil langkah-langkah hukum secara tegas untuk membubarkan HTI,” katanya setelah bertemu Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian di Gedung Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin.

Wiranto mengatakan bahwa keputusan itu bukan berarti pemerintah anti terhadap ormas Islam, tetapi semata-mata dalam rangka merawat dan menjaga keutuhan NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, demikian lansir Antara. []

loading...
loading...