ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ketika Haji Agus Salim Dihina karena Berjenggot

Foto: Assalammedia
0

HAJI Agus Salim adalah salah seorang tokoh besar Umat Islam yang mempelopori pergerakan kemerdekaan, ia adalah tokoh yang sudah aktif sejak zaman Sarekat Islam bersama HOS Tjokroaminoto. Haji Agus Salim dikenal sebagai tokoh Islam yang jenius, menguasai banyak bahasa, seperti Arab, Inggris, Belanda, Jepang, Turki dan lainnya.

Ada cerita menarik mengenai “jenggot kambing” pahlawan nasional Haji Agus Salim. Semua orang tahu, jika beliau bicara selalu mengelus-elus jenggotnya. Suatu ketika Haji Agus Salim sedang berpidato yang ketika itu dihadiri oleh lawan politiknya, yakni Sutan Sjahrir. Saat berpidato, Sjahrir dan teman-temannya meledek Agus Salim dengan mengembik serentak, “mbe..mbe..mbe..”.

Lalu Agus Salim mengangkat tangan seraya berkata, ”Tunggu sebentar! Bagi saya sungguh suatu hal yang sangat menyenangkan bahwa kambing-kambing pun telah mendatangi ruangan ini untuk mendengarkan pidato saya. Hanya sayang sekali, Anda kurang mengerti bahasa manusia sehingga menyela dengan cara yang kurang pantas.”

“Saya sarankan untuk sementara kalian tinggalkan ruangan ini untuk sekadar makan rumput di lapangan. Sesudah pidato ini tujukan kepada manusia selesai, kalian boleh masuk kembali dan saya akan berpidato dalam bahasa kambing khusus untuk kalian. Karena di dalam Islam, kambing pun ada amanatnya, dan saya menguasai banyak bahasa.”

Sjahrir cs akhirnya meninggalkan ruangan dengan wajah merah diiringi gelak tawa para hadirin. Sesudah peristiwa itu Sjahrir cs masih terus berlawanan secara ideologis dengan Haji Agus Salaim, tapi tidak pernah lagi mencoba mencemoohnya. Selain berjenggot, Haji Agus Salim memiliki kelapangan hati, pikiran tak sempit, dan selalu menjaga hubungan baik dengan siapa pun. [Desastian/Islampos]

loading...
loading...