ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Kerap Dianggap Sepele, Beberapa Kebiasaan Ini bisa Merusak Ginjal

0

Advertisements

GINJAL adalah salah satu organ tubuh yang cukup vital. Meski berukuran kecil, tapi tugas ginal tak bisa dianggap sepele lho. Ginjal berfungsi membantu memproduksi sel darah merah, mengatur tekanan darah, mendetoksifikasi organ internal, dan mengendalikan kadar semua mineral penting yang terkandung dalam darah kita.

Karena itu, ginjal perlu dijaga agar tetap bisa berfungsi dengan baik. Berikut beberapa kebiasaan yang sering kita anggap sepele padahal bisa merusak ginjal. Apa saja?

1.Kurang minum air putih

Tetap terhidrasi dapat membantu ginjal Anda menghasilkan air seni untuk menghilangkan natrium dan racun dari tubuh Anda.

BACA JUGA: Manfaat Menangis Untuk Kesehatan Tubuh

Namun jika Anda tidak minum cukup air secara teratur, maka hal tersebut dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, termasuk batu ginjal yang menyakitkan.

2.Terlalu banyak mengonsumsi garam dan gula

Jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang asin atau manis, maka organ tubuh Anda harus bekerja lebih keras untuk menyingkirkan kelebihan natrium.

Akhirnya, ini dapat mengakibatkan berkurangnya fungsi ginjal kita dan meningkatkan tekanan darah Anda.

Konsumsi gula yang berlebihan juga dapat berkontribusi pada pengembangan tekanan darah tinggi, serta meningkatkan risiko diabetes.

Asupan garam yang direkomendasikan adalah sekitar 0,75 sendok teh sehari dan untuk gula sekitar 6-9 sendok teh.

3.Bekerja terus menerus

Bekerja terlalu lama dapat menyebabkan rhabdomyolysis, yaitu suatu kondisi ketika otot-otot Anda terluka dan isi dari serat mati mengalir langsung ke aliran darah Anda.

4.Terlalu lama duduk

Jika Anda duduk dalam jangka waktu yang lama tanpa bergerak, maka Anda dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal hingga 30%.

Seperti duduk lebih dari 8 jam di kursi Anda di tempat kerja.

Jadi, jika aktivitas Anda lebih banyak di kursi. Cobalah untuk berjalan setiap satu jam sekali atau lakukan olahraga seperti berjalan setiap seminggu sekali.

5.Menahan pipis

Menahan pipis adalah salah satu penyebab utama masalah ginjal. Terutama jika Anda melakukannya setiap saat.

Jika Anda sering menahan keinginan untuk buang air kecil, urin tetap berada di kandung kemih Anda untuk jangka waktu yang lebih lama.

Nah, masalah ini membuat bakteri akan berkembang biak dengan lebih cepat.

Akhirnya, ini dapat menyebabkan konsekuensi serius seperti infeksi ginjal dan inkontinensia urin.

Loading...

BACA JUGA: Apa Bahaya Tubuh Kekurangan Air?

6.Tidak tidur

Tidur malam merupakan hal yang sangat baik. Tidak hanya untuk menjaga kesehatan Anda secara teratur secara keseluruhan, tetapi juga untuk kesehatan ginjal Anda. Siklus tidur dan bangun Anda dapat mengatur dan mengkoordinasikan fungsi ginjal Anda, dan jaringan organ ini diperbarui hanya ketika Anda tidur. []

SUMBER: INTISARI

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Maaf Anda Sedang Offline