islampos
Media islam generasi baru

Kenakan Ban Lengan Hitam, Muslim India Protes Kekerasan Ekstremis Hindu

Muslim India kenakan Ban Lengan Hitam sebai bentuk protes terhadap kekerasan kelompok Hindu sayap kanan. Foto: Yeni Safak
0

INDIA—Muslim India pada Senin (26/6/2017), serempak mengenakan ban lengan hitam sebagai bentuk protes kekerasan dan penganiayaan terhadap Muslim yang diduga dilakukan kelompok ekstremis Hindu sayap kanan.

Tak hanya itu, Jamiat-e-Ulema, Organisasi Muslim India, juga membatalkan acara perayaan Idul Fitri.

Beberapa organisasi dan individu Muslim terkemuka India, meminta umat Islam di India untuk mengenakan ban lengan hitam saat shalat Idul Fitri. Hal itu dilakukan sebagai sebuah pesan kepada pemerintah.

Seperti diketahui, jelang Hari Raya Idul Fitri dilaporkan telah terjadi berbagi kekerasan yang dilakukan kelompok Hindu sayap kanan terhadap Muslim India.

Pada hari Kamis (22/6/2017) pekan lalu, Junaid Khan, seorang remaja Muslim, terbunuh di dalam sebuah kereta di Haryana setelah dia kembali dari berbelanja untuk kebutihan Idul Fitri di Delhi.

Baru-baru ini juga terjadi perampokan terhadap Muslim lainnya yang identitasnya dirahasiakan, dan beberapa kekerasan serta penganiayaan lainnya terhadap Muslim India mengarah pada keterlibatan Hindu sayap kanan.

“Untuk memprotes serangan massa yang terus berlanjut terhadap kaum minoritas (Muslim-red), kami telah mengambil keputusan untuk membatalkan acara perayaan Idul Fitri dengan hati yang berat,’ demikian pernyataan Jamiat-e-Ulema, seperti dikutip dari Yeni Safak, Senin (26/6/2017).

Protes terhadap kekerasan itu diberi nama “Black Eid”, sejauh ini didukung pula oleh umat Hindu yang anti kekerasan.

Dalam sebuah pernyataan, Sekretaris Jenderal Jamiat-e-Ulema Mehmood Madani menegaskan bahwa pemerintah gagal melindungi Umat Islam.

“Kami yakin bahwa pemerintah berkuasa, sejauh ini gagal dalam melindungi umat Islam […] mereka hanya berwacana akan melakukan tindakan terhadap pelaku dan menjamin keamanan bagi mereka yang menjadi sasaran, tapi?” []

loading...
loading...