ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Kelompok Anti-Muslim Kanada Dihadang Demonstran, Bentrokan Pecah di Quebec

Foto: Anadolu
0 227

KANADA—Kelompok anti-imigrasi dan anti-Muslim dikabarkan telah bentrok dengan para pemrotes di Ottawa pada Sabtu (30/9/2017). Bentrokan terjadi di sepanjang perbatasan Quebec, di mana tempat ribuan pencari suaka telah menyeberang ke Kanada sejak Januari.

Di Parliament Hill, parlemen pemerintah federal, puluan anggota aliansi sayap kanan-jauh yang dikenal sebagai Canadian Coalition of Concerned Citizens (CCCC), mulai melancakan protes menolak kebijakan imigrasi federal, World Bulletin melapokan pada Ahad (1/10/2017).

Di sisi lain sebuah kelompok anti-fasis yang jauh lebih besar yang dikenal sebagai ‘antifa’ meneriakkan slogan-slogan melawan CCCC.

Situasi pro-kontra tersebut berujung pada bentrokan fisik, sebelum personel polisi anti huru-hara datang membentuk formasi untuk memisahkan kedua kubu yang bersebrangan.

Di titik persimpangan perbatasan St-Bernard-de-Lacolle di Quebec, tempat mayoritas 13 ribu pencari suaka memasuki Kanada sejauh tahun ini, sekitar 300 anggota Storm Alliance berkumpul. Kelompok itu bergabung dengan organisasi anti-imigrasi lainnya, yaitu organisasi anti-Muslim yang dikenal sebagai ‘La Meute’ (The Wolf Pack).

Ratusan antifa dari kelompok Solidarity Across Borders tiba dengan bus di persimpangan itu dan polisi Quebec, dengan perlengkapan taktis, masker gas, dan senjata, membentuk barisan untuk memisahkan kedua kelompok, sementara titik perbatasan ditutup.

Georges Hallak, pendiri CCCC dan seorang imigran patriot Kristen asal Lebanon, mengatakan organisasinya khawatir umat Islam akan menerapkan hukum Syariah di Kanada.

“Saya menghormati imigrasi 100 persen, selama orang-orang yang datang ke negara ini tidak memiliki catatan kriminal, tidak menimbulkan ancaman bagi orang Kanada. Kami menerima mereka yang datang ke sini dengan maksud untuk mengikuti undang-undang Kanada tanpa berusaha memodifikasi (itu) untuk kebutuhan mereka – kami berbicara tentang hukum Syariah, yang bertentangan dengan Konstitusi Kanada, ” kata Hallak kepada media Kanada.

Kelompok ini kalah jumlah dengan kubu yang memprotes CCCC. Banyak pengunjuk rasa membawa plakat berisi pesan seperti ‘No to hate speech’ dan ‘Unite to fight the right.’ []

Comments
Loading...