islampos
Media islam generasi baru

Berwudhu, Ini Keajaibannya

Foto: prayerinislam.com
0

KITA tahu bahwa wudhu bukan hanya sekadar suatu rukun yang dapat mengukur sah atau tidaknya shalat seseorang.

Namun ada beberapa keajaiban dari mengapa kita harus berwudhu, yaitu sebagai berikut :

Pelepas Ikatan Syaitan

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Setan membuat tiga ikatan pada tengkuk seorang diantara kalian, jika ia tidur, syaitan akan memukul setiap ikatan itu (seraya membisikkan) ‘bagimu malam yang panjang, maka tidurlah’, jika ia terbangun seraya menyebut nama Allah (berdzikir), maka terlepaslah sebuah ikatan. Jika ia berwudhu, maka sebuah ikatan yang lain terlepas. Jika ia sholat, maka terlepaslah semua ikatan. Lantaran itu ia akan menjadi bersemangat lagi baik jiwanya. Jika tidak demikian, maka ia akan jelek jiwanya lagi malas,”  (HR. Bukhrai 1142 &326, & Muslim 1816).

Pereda Rasa Marah

Rasulullah bersabda: “Apabila diantara kalian sedang marah, maka berwudhulah”.

Mencegah masuknya Bibit-bibit Penyakit

Kulit adalah organ tubuh manusia yang paling besar yang dapat melindungi tubuh dari kuman.

Mencegah Penyakit Flu

Karena pada saat berwudhu kita melakukan isytinsyaq (menghirup air ke dalam hidung).

Mencegah Berbagai Macam Penyakit Mulut

Yaiu dengan berkumur-kumur.

Menjaga Kesehatan Kulit

Ada 65 titik-titik pada tubuh yang apabila terkena air, terutama pada saat berwudhu, maka akan menjaga kesehatan kulit.

Meremajakan Kulit

Anggota tubuh yang terkena air wudhu merupakan titik-titik peremajaan tubuh yang dapat menyehatkan kulit & meremajakan kulit. Ketika berwudhu tubuh akan menerima rangsangan positif dari efek wudhu tersebut.

Syarat memasuki Sholat

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman : “Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak melaksanakan sholat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapuhlah kepalamu dan (basuh) kedua mata kakimu. Jika kamu junub maka mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air kecil (kakus) atau menyentuh perempuan, maka jika kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu menyempurtnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur,” (QS. Al Maidah: 6).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak akan di terima sholatnya orang yang berhadats sampai ia berwudhu,” (HR. Bukhari dalam shohihnya 135&6954 & MUSLIM dalam shohihnya 536).

Penghapus Dosa Kecil dan Pengangkat Derajat

Rasulullah bersabda: “Maukah kalian aku tunjukkan dengannya Allah menghapus dosa-dosa dan mengngkat derajat ? ‘Mereka berkata ‘Mau wahai Rasulullah’! Beliau bersabda : “Amalan itu adalah menyempurnakan wudhu di waktu yang tidak menyenangkan, banyaknya langkah menuju masjid dan menunggu waktu sholat, setelah menunaikan sholat itu adalah pos penjagaan.”

Tanda Pengikut Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam

Rasulullah bersabda: “Perhiasan (cahaya) seorang mukmin akan mencapai tempat yang dicapai oleh wudhunya,” (HR. Muslim dalam Ath-Thoharoh, bab : Thablugh Al-Hilyahhaits Yablugh al-Wudhu 585)

Abdur Ra’uf Al-Munawiy rahimahullah berkata : “Barang siapa yang lebih banyak sujudnya atau wudhunya di dunia, maka wajahnya nanti akan lebih bercahaya dan lebih berseri selain dirinya, maka mereka kaum mukminin nanti di sana akan bertingkat-tingkat sesuai besarnya cahaya,” (Lihat Faidul Qadir 2/232).

Separuh Iman

Rasulullah bersabda: “Bersuci atau wudhu adalah separuh iman. Alhamdulillah akan memenuhi mizan (timbangan). Subhanallah Walhamdulillah akan memenuhi antara langit dan bumi. Sholat adalah cahaya. Shodaqoh adalah. Kesabaran adalah sinar. Al-Furqon adalah hujjah (pembela) bagimu atau hujjah atasmu. Setiap orang keluar di waktu pagi, maka ada yang menjual dirinya, lalu membebaskannya atau membinasakannya.” []

Sumber : http://kadoistemewa.blogspot.com/2013/01/keajaiban-berwudhu.html

loading...
loading...