Kapan Isra Mi’raj Terjadi?

0

ISRA MI’RAJ terjadi di malam hari.  Namun, mengenai hari atau tanggal yang tepat terjadinya peristiwa maha dahsyat itu, masih terdapat perbedaan pendapat.

Para ulama ahli tarikh berselisih pendapat soal kapan terjadinya Isra mi’raj tersebut. Sebagian ulama mengatakan terjadinya pada hari Sabtu malam, sebagian ulama mengatakan pada hari Jumat malarn, sebagian lagi mengatakan pada hari Senin malam dan ada juga yang mengataltan pada hari-hari selainnya.

Para ulama juga berselisih pendapat tentang tanggal terjadinya Isra’ danmi’raj. Sebagian berpendapat Isra dan Mrraj terjadi pada malarn tanggal 7 Rabi’ul Awal. sebagian mengatakan pada tanggal 27 Rabi’ul Akhir. sebagian mengatakan Pada tanggal 17 Rabi’ul Awal, sebagian ulama lagi mengatakan pada tanggal 29 Rarnadhan. sebagian berpendapat dan mengatakan pada tanggal 27 Rajab dan sebagian ularna yang lain mengatakan pada tanggal-tanggal selain dari yang disebutkan itu. Namun, sebagian besar ulama berpendapat Isra’ dan Mi’raj terjadi pada tanggal 27 Rajab .

Tentang bulan terjadinya Isra Mi’raj, para ulama ahli tarikh juga berbeda-beda pendapat. Ada sebagian ulama yang mengatakan pada bulan Rabiul Awal. Sebagian uama juga menyebut pada bulan Ralab. Sebagian mengatakan pada bulan Syawal. Ada yang mengatakan pada bulan Dzulhijah. Ada yangmengatakan pada bulan Rabiul Akhir. Ada ulama yang mengatakan pada bulan Ramadhan, dan sebegian ulama juga mengatakan pada bulan selain yang disebutkan di atas.

Tahun terjadinya Isra Mi’raj pun tak luput dari perbedaan pendapat. Ada sebagian ulama yang berpendapat pada tahun ke-5 dari kenabian.  Ada ulama yang berpendapat pada tahun ke-12 kenabian. Ada ulama yang berpendapat pada tahun kurang setahum dan lima bulan dari hijrah. Ada ulama yang berpendapat pada tahun sebelum Nabi saw. pergi hijrah.  Ada ulama yang berpendapat pada tahun kurang tiga tahun dari hijrah Nabi saw. ke Madinah, dan ada sebagian ulama yang lainnya berpendapat lain dari semua itu.

Satu hal yang bisa dipastikan adalah bahwa peristiwa Isra mi’raj merupakan suatu kebenaran yang sungguh terjadi dalam tarikh atau perjalanan hidup Rasulullah SAW.

Waktu peristiwa itu terjadi, ada 2 peristiwa yang sebelumnya menimppa Nabi Muhammad SAW.

1. Wafatnya dua orang paling disegani dan dikasihi Rasulullah SAW, yakni sang paman Abu Thalib, dan istri tercinta Khadijah. Dengan totalitas yang tak diragukan lagi, keduanya adalah pendukung setia dakwah Rasulullah SAW. Wafatnya kedua pendukung utama ini, merupakan ujian besar bagi perjuangan Rasulullah SAW .

2. Permintaan kafir Quraisy kepada Rasulullah SAW untuk menunjukkan hal-hal yang aneh sebagaimana tercantum di dalam Al Quran,

“Dan mereka berkata, “Kami sekali-kali tidak percaya kepadamu hingga kamu memancarkan mata air dan bumi untuk kami, atau kamu mempunyai sebuah kebun kurma dan anggur, lalu kamu alirkan sungai-sungai di celah kebun yang deras alirannya, atau kamu jatuhkan langit berkeping-keping atas kami, sebagaimana kamu katakan atau kamu datangkan Allah dan malaikat-malaikat berhadapan muka dengan kami. Atau kamu mempunyai sebuah rumah dari emas, atau kamu naik ke langit. Dan kami sekali-kali tidak akan mempercayai kenaikanmu itu hingga kamu turunkan atas kami sebuah kitab yang kami baca”. Katakanlah, “Maha Suci Tuhanku, bukankah aku ini hanya seorang manusia yang menjadi Rasul ?” (Al Israa’ : 90-93). []

SUMBER: KELENGKAPAN TARIKH NABI MUHAMMAD | MOENAWAR CHOLIL | GEMA INSANI

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline