Kala Sultan Turki Bantu Amerika

Foto: Ottoman Imperial Archives
0 114

BARU-baru ini ditemukan arsip tentang bantuan Sultan Abdulhamid II Turki kepada warga Amerika. Bantuan itu diberikan saat terjadi kebakaran hebat pada tahun 1894. Kebakaran hebat itu terkenal dengan peristiwa Great Hinckley Fire, 1894.

Dokumen itu menyebutkan, ratusan orang di Minnesota dan Wisconsin menjadi korban dalam peristiwa kebakaran itu. Saat itulah Sultan Abdulhamid II memberikan sumbangsihnya kepada warga Amerika yang menjadi korban. 300 Lira ia gelontorkan untuk keperluan para korban kebakaran.

Pada zaman itu, 300 Lira terbilang besar. Uang tersebut mampu membeli 60 rumah mewah di Istanbul. Sultan meminta agar bantuan itu segera diberikan tanpa ditunda-tunda.

Berikut bunyi teks nya:

“Ini adalah kehendak Sultan Abdulhamid II. Negara Ottoman mengirimkan bantuan 300 Lira kepada korban kebakaran hutan di wilayah Barat Laut Amerika. Permintaan ini sudah dikomunikasikan kepada Departemen keuangan dan Pejabat Luar Negeri. Dalam surat resmi Wazir Agung nomor 1775, tanggal 9 September 1984, departemen akuntansi telah membuat permintaan dengan jumlah yang diminta Sultan kepada Departemen keuangan. Pihak Departemen Keuangan mengatakan, setiap permintaan bantuan kepada Departemen dalam Negeri telah habis untuk tahun ini, berkaitan dengan bantuan keuangan untuk korban kebakaran, kami memberikan izin meskipun kemungkinan bisa terjadi deficit kecil.”

Sementara itu document kedua menggambarkan adanya komunikasi antara Ottoman dan Washington.

“Kami menerjemahkan telegraf # 225 yang telah diterima dari AS Washington Embassy. Telegraf itu ditulis oleh Walikota New York. Walikota itu menyampaikan rasa terima kasih yang terdalam untuk kami Sultan Abdulhamid Han karena kemurahan hatinya dan kebajikan terhadap orang-orang yang telah melihat kerusakan properti mereka dan keluarga yang telah kehilangan orang yang dicintai. Dia juga mengatakan bahwa semua surat kabar di Amerika telah melaporkan hadiah murah hati Sultan kami.” []

loading...
loading...