ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Kakek Ini Hafal Al-Quran di Usianya yang Ke-70

Foto: IlmFeed
0

BANYAK di antara kita yang berpikir bahwa menghafal A-Quran adalah hal yang sulit. Kita juga seringkali berpikir mana mungkin bisa menghafal Al-Quran yang jumlahnya ayatnya ribuan dengan mudah dan waktu cepat. Dan kakek berusia 70 tahun ini pun bisa membuktinya.

Kakek tersebut bernama Abdullah Muhammad Musa. Ia berusia 70 tahun dan tercatat sebagai seorang hafidz tertua di kota Jedda, Arab Saudi. Ia mulai menghafal ketika usianya 2 tahun. Hanya saja saat itu ia hanya mampu menghafal 2 juz. Karena berbagai kesibukannya dalam bekerja, akhirnya ia pun kehilangan hafalannya tersebut. Namun yang luar biasa adalah ketika usianya 70 tahun ia mulai menghafal Al-Quran lagi hingga menuntaskan hafalan Al-Qurannya.

Lantas mengapa ia kembali menghafal Al-Quran pada saat usianya senja setelah berpuluh-puluh tahun lamanya berhenti karena kesibukannya? Jawabannya ialah karena ia mencintai Al-Quran. Ia ingin meninggal sebagai seorang tahfidz. Ia berharap bisa menjadi keluarga terdekat Allah.

Ketika proses menghafal Al-Quran, tentu bukanlah proses yang cukup mudah bagi sang kakek. Ia mendapati kesulitan, terutama berkenaan menghafal makharijul huruf dan tajwid. Adapun terkait urusan menghafal, ia merasa sama sekali tidak mendapat kesulitan.

Ia mengawali tahfidznya di bawah bimbingan Syaikh Abdullah Abduh Husain di masjid Raja Abdul Aziz. Di tempat ini ia berhasil mengkhatamkan 10 juz. Kemudian ia pindah ke masjid Shalah Karamah dan menyelesaikan 30 juz di tempat ini dalam kurun 2,5 tahun. Masyaallah, jika kakek ini saja bisa menghafal Al-Quran. Lalu, kapan Anda akan mulai menghafal Al-Quran?[]

Sumber: Orang Sibuk pun Bisa Menghafal AL-Quran/Karya: Dr. Abdul Muhsin & Dr. Raghib As-Sirjani

loading...
loading...