Jokowi: Perppu Ormas Bisa Saja Batal di DPR RI

0

BANDUNG–Presiden Joko Widodo Mengatakan ‎Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) No. 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Masyarakat (Ormas) bisa saja batal di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), apabila dianggap tidak sesuai dengan Undang-Undang yang lebih tinggi.

“‎Bisa saja batal di DPR kan. Disitu ada mekanisme politis kalau itu tidak sesuai dengan UU lebih tinggi. Ini sudah sangat terbuka. Silakan bukan hanya perpu ormas,” kata Jokowi alam silaturahmi bersama pengurus PP Persis di Masjid Persis, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Bandung, Selasa (17/10) malam‎.

Dia juga mencontohkan, keoknya gugatan di Mahkamah Konstitusi yang pernah dilakukan terhadap 3.153 Peraturan Daerah (Perda) yang dianggap tidak sejalan.‎

“Dulu saat kita akan menghilangkan 3.153 Perda. Ada yang gugat di MK pemerintah kalah. Perdanya hidup lagi. Itu konsekuensi mekanisme hukum. Ujarnya.

Dirinya mengaku pemerintah tidak pernah menutupi persoalan ini, ia mempersilakan bagi pihak yang akan menggugat Perppu ini.

“Jadi perpu ormas sama. Kan banyak yang digugat pasalnya. Silakan kita ga tutupi. Itu mekanisme hukum,” tandasnya.

Dikeluarkannya Perppu Ormas nomor 2 tahun 2017 ini merupakan upaya pemerintah untuk menindak ormas yang dianggap bertentangan dengan Pancasila, yang nantinya bisa mengancam keutuhan NKRI.

Dalam perjalanannya agar Perppu tersebut menjadi Undang-undang banyak yang kontra sehingga munculnya gugatan sana-sini. Jokowi mengaku tidak mempermasalahkannya karena ini merupakan negara demokrasi.

“Perpu itu sudah demokratis. Kan sekarang Perppu itu ada di DPR. Itu ada yang setuju dan tidak setuju. Nanti maju ke judical review di MK. Ada mekanisme yang ditempuh. Jadi ini tidak bisa dikatakan (bentuk) agresif (pemerintah),” tambah Jokowi.

Reporter: Saifal.

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline