islampos
Media islam generasi baru

JK: Masjid Tempat Penting Sebarkan Semangat Persatuan

Foto: Okezone
0

SUMATERA BARAT–Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut masjid tempat penting dalam menyebarkan semangat persatuan bangsa.

“Selain masjid ini indah dan dijaga kebersihannya, juga harus dijaga keilmuannya, kebaikannya, apalagi ini masjid kampus, jadi jangan hanya bicara haram dan halal, surga-neraka, tapi juga bagaimana menjaga persatuan, kemajuan dan masa depan bangsa,” kata Wapres di kampus Yayasan Universitas Baiturrahmah saat meresmikan Masjid Baiturrahmah di kampus ini, Padang, Sabtu (15/7/2017).

Jk juga menggarisbawahi pentingnya masjid universitas sebagai tempat menangkal radikalisme dengan diskusi, ceramah dan kajian yang benar tentang ajaran Islam yang “rahmatan lil alamin” atau rahmat untuk seisi alam semesta.

“Kita ingin menggabungkan universitas yang mengajarkan ilmu-ilmu tentu sangat bermanfaat bagi dunia kita dan masjid di depan mengingatkan pentingnya akhirat,” kata dia.

Pada setiap menghadiri acara selaku ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), JK mengaku selalu mengingatkan pentingnya masjid dalam memakmurkan masyarakat di sekitarnya, baik di bidang pendidikan, sosial maupun ekonomi.

JK juga menyampaikan pentingnya masjid dalam memajukan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya.

“Karena itulah selalu saya katakan kita makmurkan masjid di lain pihak masjid harus makmurkan masyarakatnya, artinya kita meramaikan masjid dengan salat fardu, dan lain-lain, tapi masjid juga harus berfungsi memajukan sosial dan ekonomi, masjid bukan hanya tentang tafsir dan fikih, tapi juga tentang bisnis, pertanian, dan lain-lain barulah bisa memakmurkan masyarakatnya,” kata dia.

Usai meresmikan Masjid Baiturrahmah, Wapres salat duhur berjamaah di masjid ini.

Turut mendampingi Wapres adalah Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur. []

Sumber: Antara

loading...
loading...