islampos
Media islam generasi baru

Jika Melihat yang Mengagumkan, Begini Nih Adabnya

Foto: artfile.ru
0

MELIHAT sesuatu yang mengagumkan pasti pernah dirasakan oleh setiap orang. Entah itu berupa barang maupun seseorang yang mengagumkan. Jikalau perasaan itu muncul, tentulah wajar-wajar saja. Namun, hati-hati bisa jadi dari rasa kagum itu berubah menjadi suatu hal yang negatif.

Untuk itu, dalam Islam telah diberi pengetahuan bagaimana cara kita menyikapi rasa kagum. Jika rasa kagum itu ada, maka ada adab yang harus dilakukan. Di antaranya:

1. Mengucapkan, “Masya Allah Laaquwwata illaa billaah,” (Apa yang dikehendaki oleh Allah tidak ada kekuatan, kecuali kekuatan-Nya).

2. Mengucapkan, “Tabaara kallaah” atau “Allahu yu baari ku ka” (Semoga Allah memberkati. Yakni Allah memberkati sekalian dan apa yang telah dianugerahkan).

3. Do’a itu diucapkan ketika seseorang merasa kagum atas sesuatu karena takut kalau-kalau hal ini akan menjadikannya iri.

Itulah 3 adab yang harus dilakukan ketika mengagumi sesuatu. Jangan sampai rasa kagum itu ternodai karena ada rasa iri hati. Ikut berbahagialah dengan kebahagiaan orang lain. Jangan kita merasa sedih karena orang lain bahagia.

Sumber: Adab Islam dalam Kehidupan Sehari-hari/Karya: Mahdy Saeed Reziq Krezem/Penerbit: Media Da’wah

loading...
loading...