ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Jika Imam Mengucapkan ‘Aamiin’ dengan Mengangkat Suara

0

DALAM hadits riwayat Bukhari dan Abu Daud disebutkan bahwa ketika Rasulullah SAW selesai membaca al-Faatihah, Beliau SAW mengucapkan amin dengan suara jelas dan panjang.

Orang-orang yang bermakmum pun dianjurkan untuk mengucapkannya. Sabda Beliau SAW, “Apabila imam sholat mengucapkan, ‘Ghoiril maghdhuubi’alaihim waladhaaliin’ maka katakanlah ‘Aamiin’. (Sesungguhnya malaikiat berkata ‘Aamiin’ dan imampun mengucapkan ‘Aamiin’).”

Dalam lafal lain disebutkan bahwa jika seorang imam sholat mengucapkan Aamiin, maka ikutilah dengan mengucapkan Aamiin. Apabila ucapan Aamiin itu bersama dengan ucapan malaikat, (Dalam lafal lain disebutkan : Apabila seseorang mengucapkan Aamiin dalam sholat, dan para malaikat di langit mengucapkan amin dengan bersamaan) niscaya dosa-dosanya akan diampuni,” (HR Bukhari, Muslim & Nasa’i).

Rasulullah SAW juga bersabda, “Tidak ada suatu yang paling menjadikan orang-orang Yahudi iri kepada kalian kecuali ucapan salam dan amin (di belakang imam),” (HR Bukhari, Ibnu Majah dan Ahmad). []

Sumber: Sifat Shalat Nabi oleh Nashiruddin al-Albani

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...