ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Jerman Larang Menteri Kehakiman Turki Hadiri Aksi Pro Erdogan di Gaggenau

Foto: Deutsche Welle
0

BERLIN – Pejabat Jerman melarang Menteri Kehakiman Turki Bekir Bozdag berpidato di depan pendukung Presiden Tayyip Erdogan di kota Gaggenau. Larangan itu dikeluarkan terkait sengketa diplomatik antara kedua negara. Demikian lapor kantor berita Anadolu Agency.

Pejabat Jerman membatalkan izin sebuah acara pada Kamis pekan lalu di mana Bozdag berencana berpidato dalam aksi mendukung referendum konstitusi untuk meningkatkan kekuasaan eksekutif Erdogan.

Pejabat Gaggenau mengatakan tempat yang dipilih untuk aksi itu terlalu kecil. Akibatnya, masalah keamanan dan parkir menjadi alasan untuk melarang izin acara tersebut.

Bozdag menyebut keputusan untuk membatalkan izin acara tersebut sebagai tindakan yang tidak dapat diterima.

Menteri Turki itu juga memprotes pembatalan aksi pro-Erdogan di Gaggenau dengan membatalkan pertemuan yang direncanakan dengan Menteri Kehakiman Jerman Heiko Maas.

Dalam perkembangan terkait, pejabat kota Cologne mengatakan mereka telah menarik izin untuk Menteri Ekonomi Turki Nihat Zeybekci untuk berpidato dalam aksi pro-Erdogan di kota barat Jerman pada hari Ahad.

Sengketa Berlin-Ankara

Jerman menekan Turki agar melepaskan Yucel, yang bekerja untuk koran harian nasional Jerman Die Welt. Dia ditahan di Istanbul pada pertengahan Februari lalu terkait laporan tentang serangan hacker pada akun email Menteri Energi Turki.

Penahanan Yucel telah menyebabkan rusaknya hubungan bilateral, demikian diutarakan Menteri Luar Negeri Jerman Sigmar Gabriel selama kunjungannya ke Ukraina.[fq/islampos]

loading...
loading...