ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Jerman Segera Gunakan Teknologi Pengenalan Suara untuk Tentukan Negara Asal Pengungsi

Foto: NBC News
0

BERLIN – Jerman akan menggunakan teknologi pengenalan suara untuk menentukan negara asal para pengungsi tanpa dokumen yang datang ke negara Eropa itu.

Dikutip dari Press TV, kantor federal migrasi Jerman (BAMF) akan mulai menggunakan software baru, yang dijuluki “The Tongue”, dalam waktu dekat. Alat itu akan digunakan untuk mengidentifikasi para pengungsi berbahasa Arab yang mengaku dari Suriah untuk mendapatkan suaka. Demikian lapor media lokal Jerman Jumat kemarin (17/3/2017).

BAMF akan menggunakan program komputer baru, yang databasenya mencatat contoh percakapan, untuk menganalisis dialek pengungsi. Program ini sekarang dilakukan oleh penerjemah untuk menentukan asal para pengungsi.

Perangkat lunak baru ini sebagian besar mirip dengan teknologi otentikasi suara yang digunakan oleh bank serta perusahaan asuransi. Alat ini diduga mampu membedakan berbagai macam dialek.

Namun banyak pihak mengkritik dengan menyebut teknologi itu hampir mustahil untuk sepenuhnya akurat, pada saat bahasa, termasuk dialek dan kosakata, selalu berubah. [fq/islampos]

loading...
loading...