ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Jepang Ciptakan Es Krim Anti Leleh

0

Advertisements

JEPANG –Jepang punya Inovasi di industri kuliner. Inovasi tersebut berupa es krim anti leleh yang dinamakan “Kanazawa Ice” atau disebut juga “Not Melting Popsicles.”

Belum lama ini, ilmuwan di Biotherapy Development Research Center Jepang, berhasil menemukan formula untuk membuat es krim tidak meleleh. Rahasianya terletak pada cairan polifenol yang diambil dari sari buah stroberi.

Polifenol menjaga es krim tetap pada bentuk semula. Cairan ini punya kandungan yang bisa mengikat air dan minyak yang terkandung dalam es krim. Membuat es krim jadi tidak gampang meleleh.

Penemuan ini berawal dari ketidaksengajaan. Dipicu oleh hasil produksi stoberi yang buruk di Miyagi, Jepang, sejumlah ilmuan bereksperimen dengan membuat kudapan manis dari ekstrak stroberi. Namun, polifenol yang dihasilkan dari ekstrax tersebut justru mengeras. Dari kejadian itu munculah ide untuk mencampurkan polifenol ke dalam es krim.

Sejauh ini Direktur Biotherapy Development Research Center, Takeshi Toyoda mengatakan, pihaknya belum memastikan berapa waktu yang dibutuhkan es krim itu untuk bisa bertahan di suhu panas. Namun, seorang reporter kuliner Jepang yang telah mengujinya menunjukkan bahwa es krim tetap pada bentuk semula meski sudah lima menit berada di tengah suhu matahari 28 derajat celcius.[]

sumber: phys.org

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline