islampos
Media islam generasi baru

Jelang Ramadhan, Pemprov Sumbar Bersafari ke Masjid-Masjid

Masjid Raya Sumatera Barat. Foto: Flickriver
0

PADANG—Pemerintah Sumatera Barat akan memberikan bantuan terhadap 147 Masjid di Provinsinya jelang Ramadhan 1438 Hijriyah yang jatuh pada bulan Mei mendatang.

Pemprov Sumbar saat ini sudah menerima sejumlah proposal yang diajukan oleh DKM Masjid untuk pembenahan Masjid.

“Proposal dari pengurus masjid telah kami terima dan verifikasi. Bantuan akan diberikan oleh tim Safari Ramadhan yang akan dibentuk kemudian,” kata Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Sekretariat Provinsi Sumbar, Syahril B di Padang, Selasa (7/3/2017).

Masing-masing Masjid yang telah mengajukan proposal. Pemprov Sumbar akan berikan bantuan dana sebesar Rp 20 juta yang bisa dimanfaatkan untuk kemakmuran Masjid.

“Bantuan uang ini sama dengan tahun lalu. Bedanya sekarang hanya bantuan uang, sedangkan bantuan tikar ditiadakan,” ujar Syahril, dilansir Antara, Selasa (7/3/2017).

Menurut Syahril, berkurangnya bantuan tersebut dikarenakan tipisnya Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sumbar 2017 akibat peralihan sejumlah kewenangan dari kabupaten/kota ke provinsi, sesuai UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Dalam KUA PPAS sebenarnya kita masukkan, tapi dalam pembahasan diputuskan hanya bantuan uang yang direalisasikan tahun ini,” ungkapnya.

Syahril menambahkan masjid yang mengajukan proposal pada awalnya ada yang telah menerima bantuan yang sama, karena berdasarkan Pergub Nomor 12 tahun 2014 tentang pemberian hibah dan bansos hal itu tidak dibenarkan, maka kabupaten dan kota diminta mengganti masjid tersebut.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat setiap bulan Ramadhan selalu melaksanakan kegiatan kunjungan ke masjid-masjid yang dilakukan oleh 12 tim.

Kunjungan itu selain untuk memberikan bantuan pada masjid, sekaligus menjaring aspirasi masyarakat dengan interaksi langsung.

Pimpinan masing-masing tim yang di antaranya kepala daerah, anggota DPRD serta anggota Forum Komunikasi Pemerintah Daerah menerima aspirasi masyarakat untuk metindaklanjuti sesuai masing-masing kewenangan. []

loading...
loading...