islampos
Media islam generasi baru

Jelang Pelantikan Trump, Imigran Meksiko Buru-buru Menyeberang ke AS

0

MEKSIKO – Para imigran Meksiko mempercepat langkah mereka menuju Amerika Serikat. Tujuan mereka hanya satu, yaitu tiba di AS sebelum Donald Trump dilantik menjadi Presiden Amerika Serikat pada Jumat besok.

Intaian pesawat drone, ular beracun, dan kelompok penyelundup manusia tak membuat mereka takut. Yang mereka takutkan hanya satu, yakni Trump benar-benar mewujudkan rencananya membangun tembok tinggi di antara kedua negara sehingga imigran tak bisa lagi masuk ke AS.

“Ketika saya melihat pria itu di televisi mengatakan betapa bencinya dia terhadap imigran dan mau membangun tembok, saya langsung berpikir, ‘Sekarang atau tidak sama sekali,'” ujar seorang imigran Meksiko, Wilson, kepada AFP seperti dikutip CNN.

Begitu besarnya keinginan Wilson untuk segera masuk AS, ia rela melewatkan momen Natal, bahkan kelahiran anaknya di Meksiko.

“Kami menghabiskan waktu Natal dan Tahun Baru dalam perjalanan agar dapat tiba tepat waktu. Kami ingin mengalahkannya,” ucap Wilson.

Kini, Wilson sudah tiba di Caborca, kota di dekat perbatasan Meksiko dengan AS. Mereka menghangatkan diri di sekitar perapian, menanti waktu yang tepat untuk menerobos perbatasan.

Melewati perbatasan Meksiko dan AS sangat sulit karena pemeriksaan yang sangat ketat. Setiap bulannya, otoritas Meksiko menahan ribuan hingga puluhan ribu imigran yang tak memiliki dokumen lengkap.

Tak mau ditangkap di tengah perjuangan mereka, banyak pengungsi akhirnya terdampar di Caborca. Seorang aktivis lokal, Laura Ramirez, mengatakan bahwa ia biasanya memberikan 200 makanan siang dratis kepada para imigran yang terdampar.[fq/islampos]

loading...
loading...