ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Jelang Hari Juang Kartika, Kodam III/Siliwangi Gelar Bakti Sosial

0

Advertisements

CIMAHI–Menyambut Hari Juang Kartika Tahun 2017, jajaran Kodam III/Siliwangi menggelar acara bakti sosial (baksos) seperti khitanan masal, pemeriksaan kesehatan dan pembagian paket sembako yang berlangsung di Lapangan Brigif 15/Kujang Jln. Sudirman Kota Cimahi, Kamis (14/12/2017).

Kegiatan ini diikuti ribuan warga dari Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat. Usai melaksanakan kegiatan baksos, warga pun diperbolehkan menaiki kendaraan tempur yang ada di lapangan Brigif.

“Kegiatan ini harus dilakukan oleh TNI, karena TNI tanpa rakyat tidak ada apa-apanya. Makanya ada slogannya ‘Bersama Rakyat TNI Kuat’. Dan kegiatan ini setiap tahun digelar. Ini hari ulang tahun angkatan darat sebenarnya, tapi disebut hari juang kartika,” kata Kasdam III/Siliwangi, Brigjen TNI YP Sembiring disela kegiatan.

Menurutnya, selain baksos peringatan hari Juang Kartika juga dilaksanakan dengan berbagai kegiatan lainnya, seperti penghijauan, kerja bakti, dan pembangunan rutilahu. Di bidang kesehatan pihaknya melaksanakan donor darah, pemeriksaan kesehatan termasuk pemeriksaan gigi, serta khitanan masal.

“Kegiatan ini juga dilaksanakan di korem-korem dan kodim-kodim,” katanya.

Ia pun berharap dengan adanya kegiatan baksos ini kemanunggalan TNI dan rakyat semakin kuat. “TNI itu betul-betul milik rakyat, dalam situasi gembira, sedih, dan duka TNI akan tetap bersama rakyat,” ucapnya.

Ditempat yang sama Dandim 0609/Kab. Bandung Letkol Arh A. Andre Wira Kurniawan mengatakan, kegiatan khitanan masal ini diikuti oleh 250 anak, pengobatan gratis sebanyak 1.200 orang, dan pembagian sembako sebanyak 2.000 orang.

“Setelah melaksanakan pemeriksaan kesehatan, kami perbolehkan warga menaiki kendaraan tempur yang ada di lapangan Brigif. Sehingga kemanggulangan TNI dengan masyarakat sangat terasa,” katanya.

Menurutnya animo warga untuk mengikuti kegiatan baksos ini sangat besar. “Dari jam 6 pagi sampai jam 9 tadi ada sebanyak 3.200 orang yang daftar, baik itu pelajar, anak-anak, dan masyarakat kurang mampu dari Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat,” jelas Andre.

Sejumlah warga mengaku senang bisa mendapat bantuan paket sembako dan juga khitanan gratis. Seperti yang diungkapkan Roni (49), warga Holis Kota Bandung ini merasa terbantu dengan paket sembako yang didapatnya.

“Apalagi sekarang harga-harga pada mahal, tentu saja sangat terbantu. Ini ada beras, terigu, mie instan, susu, dan teh,” ujar Roni yang sehari-harinya berkerja sebagai petugas kebersihan.

Atepp Yahyah (34), warga lainnya juga menyambut baik kegiatan baksos dalam rangka hari Juang Kartika. Sehingga anaknya yang bernama Alfi (8) bisa dikhitan secara cuma-cuma.

“Kegiatanya bagus. Saya sangat terbantu. Terimakasih TNI,” ucap warga Sukajadi Kota Bandung ini.

Ia mengaku mendapat informasi dari anggota Babinsa jika ada kegiatan baksos yang salah satu kegiatannya adalah khitanan masal. “Ya saya langsung saja daftar. Alhamdulillah selain bisa dikhitan, anak saya juga dapat paket sembako,” ujarnya. []

Reporter: Saifal

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline