ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Jauhi Larangannya dan Ikuti Perintahnya

0

SEBAGAI seorang Muslim, sudah barang tentu kita harus mengikuti aturan main yang ada dalam Islam. Dengan melakukan sesuatu yang diperintahkan oleh Allah SWT. Serta menjauhi sesuatu yang dilarang oleh-Nya. Ternyata hal itu bukanlah hanya sebuah perintah dan larangan semata, melainkan ada sesuatu dibalik itu. Apakah itu?

Perintah-perintah yang Allah tujukan kepada kita, ternyata memiliki nilai manfaat yang amat sangat besar bagi kita. Perintah-perintah itu dapat menjadi penghalang dari perbuatan yang akan merugikan diri kita sendiri, atau bahkan orang lain.

Karena segala sesuatu yang diperintahkan oleh Allah kepada kita merupakan suatu hal yang menjadi kebutuhan bagi kita untuk menjalani hidup ini, bahkan untuk bekal di akhirat kelak. Walau pun terkadang perintah itu begitu berat bagi kita, namun ternyata hal itulah yang memang baik untuk kita.

Sedangkan larangan-larangan yang Allah tetapkan bagi kita, memanglah bukan jalan terbaik untuk kita lakukan. Pasti akan ada hal-hal yang membuat kita merasa menyesal, jikalau kita melakukan larangan Allah itu. Karena Allah mengetahui, apa yang tidak baik bagi kita. Memang terkadang, hal yang dilarang itu terlihat baik, namun ternyata, ada hal lain yang akan merugikan diri kita sendiri.

Seperti halnya Allah mengharamkan perbuatan mencuri, meminjam tanpa ijin (ghaib), menyogok (risywah), memakan makanan haram. Tapi di sisi lain, Allah menghalalkan bekerja dengan cara yang halal.

Jadi, dibalik larangan itu, ternyata masih ada alternatif lain yang lebih baik bagi kita. Allah melarang melakukan hal tersebut, karena memang nanti diri kita sendiri yang akan rugi. Seperti halnya jika kita mencuri, sekuat apa pun kita menyimpan rahasia bahwa kita seorang pencuri, maka hal itu akan terungkap juga. Jika sudah terungkap, dan ketahuan bahwa kita bukanlah orang yang tidak dapat dipercaya, maka Anda akan tahu sendiri apa konsekuensinya.

Sedangkan, jika kita bekerja keras, dengan mencari yang halal, maka jalan yang akan kita lalui pun terasa tenang dan tenteram, bebas dari beban. Kalau pun mungkin terasa berat, tapi segala sesuatu yang halal, akan terasa lebih ringan dilakukan, jika kita membarenginya dengan rasa ikhlas dan sabar. Nah, di sinilah manfaat yang dapat kita rasakan dari perintah Allah tersebut. Selain mendapatkan harta yang halal, yang membawa pada keberkahan hidup, diri kita pun dilatih untuk menjadi manusia yang baik, yang senantiasa dapat menjaga diri dan hawa nafsunya. []

Sumber: Adab Islam dalam Kehidupan Sehari-hari/Karya: Mahdy Saeed Reziq Krezem/Penerbit: Media Da’wah

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...