islampos
Media islam generasi baru

Jangan Takut Menderita

Foto: Kang Hasan/Istimewa
0

Oleh: M Hamka Syaifudin
Penulis adalah Mahasiswa Hidayatullah Batam

 

SEJENAK kita bertanya kepada orang-orang yang sudah sukses saat ini, apa yang membuat mereka bertahan dan mau terus melakukan kebaikan untuk kesuksesannya?

Apa sih yang memotivasi mereka sehingga mereka terus berusaha melakukan sesuatu yang terbaik dalam Hidupnya? Namun yang pasti mereka punya seribu kisah, yang terkadang membuat mereka jatuh, sedih dan menderita.

Namun kita bertanya lagi apa rahasia ketabahannya? Jawabannya adalah mereka tidak pernah takut menderita.

Setiap kegagalan yang terjadi pada mereka adalah sebuah motivasi dan inspirasi agar selalu berbuat yang lebih baik lagi.

Orang orang sukses harus punya kekuatan niat untuk terus berbenah diri, punya ketulusan hati yang dalam serta keikhlasan yang dahsyat.  Orang-orang besar dan sukses tidak berpikir kegagalan yang menimpanya hari ini, tetapi mereka selalu berpikir besar untuk kejayaan di masa depannya

Dan Sebenarnya sederhana saja jika kita mau mengambil penggalan ibroh tersebut.

Bahwa sesungguhnya kita adalah anak-anak kehidupan yang terlahir belakangan, sudah banyak miliaran orang yang mendahului kita, sudah banyak pula orang-orang yang gagal serta mengalami keperihan dan penderitaan.

Mereka sudah membuka jalan untuk kita sebenarnya , mereka sudah memberi teladan kepada kita dalam berkarya, lalu, mengapa kita masih takut?

Mengapa kita takut berkarya dan mencoba untuk meraih sebuah kesuksesan?

Bukankah kita mempunyai jatah hidup dan waktu yang sama?

Jawabannya  karena kita masih takut dengan penderitaan.  Ya. Penderitaan itu yang membuat orang cerdas menjadi Babu di Negeri sendiri, penderitaan itu yang membuat orang bercita- cita besar menjadi semut di bawah telapak kaki Penguasa.

Dan Kunci dari melawan penderitaan adalah Lakukanlah hal hal yang kecil terlebih Dahulu. Kemudian secara terus menerus.

Sebuah pepatah mengatakan “ala bisa karena biasa.”

Orang China juga punya Filosofi yang bagus “perjalanan Ribuan Mill itu dimulai dengan satu langkah”

Dengan adanya hal hal kecil tersebut akan melatih kita untuk kemudian melakukan terobosan terobosan baru dan gemilang.

Kita tidak takut lagi menderita, kita tidak takut lagi dengan mimpi yang kita punya, kita tidak takut lagi dengan usaha dan mimpi yang kita bangun.

Dan Hal hal kecil itu harus dibangun sejak awal, dan dikerjakan secara terus menerus. Di ulang -Ulang,  tertib, dan berkesinambungan.

Karena ciri Orang hebat adalah dia harus bisa membangun Habit (kebiasaan).

Ketika kita sudah fokus melakukan dan memperhatikan hal hal yang kecil bukan berarti kita orang yang kecil, tetapi sebaliknya, kita sedang mengajarkan hal yang di kerjakan oleh orang besar.

Oleh karena itu jangan Pernah takut hadapi hidup ini.

Jangan takut menghadapi penderitaan yang selama ini mengungkung kita. Tetapi mari kita bangun kerja keras, ibadah keras, dan Sosial cerdas,

Dari mana memulainya?

Dari hal sederhana yakni membangun Habit yang kecil terlebih Dahulu.  Jika demikian maka ketakutanan dan penderitaan akan terbang jauh keluar angkasa. []

loading...
loading...