islampos
Media islam generasi baru

Jangan Asal Berdoa, Ada Adabnya juga Lho

0

DOA merupakan salah satu hal yang sering kita lakukan. Melalui doa, seorang Muslim mencurahkan segala keinginannya kepada Sang Khalik agar Dia mau mengabulkan apa yang kita inginkan. Hanya saja, banyak dari kita yang belum terkabulkan doanya. Mengapa demikian?

Selain karena kurangnya keimanan dan ketakwaan, juga banyaknya dosa pada diri kita, sebab tidak terkabulnya doa itu mungkin diakibatkan kita yang tidak memperhatikan bagaimana adab yang baik ketika berdoa. Lalu, seperti apa adab yang baik ketika berdoa?

1. Diawal ketika memulai berdoa, hal pertama yang harus dilakukan ialah memohon ampun kepada Allah. Ya, ini sebagai wujud dari rasa penyesalan kita yang belum mampu menjadi hamba terbaik bagi-Nya. Dan ini juga membuktikan wujud penghambaan kita kepada-Nya dengan memposisikan diri sebagai makhluk dan Allah sebagai Khalik.

2. Lalu beryukurlah kepada Allah. Bersyukur atas segala nikmat yang telah Anda peroleh dari-Nya. Baik itu dari kesehatan, kemampuan menjalani kehidupan maupun hal-hal lain yang menjadi kelebihan kita. Ini merupakan wujud terima kasih kita kepada Sang Khalik atas kemurahan yang telah Dia beri.

3. Barulah setelah keduanya dilakukan memohon apa yang kita inginkan. Namun kita harus ingat, jangan berdoa dengan kesan perintah. Sebab, kembali lagi kita harus ingat bahwa Allah itu bukan pesuruh kita. Maka, berdoalah secara baik, layaknya seorang hamba yang memohon kepada tuannya. Wallahu ‘alam. []

Sumber: Disarikan dari H. Yosep Komarawandana, S.Pd.I., SE., M.M., DPK Sekolah Tinggi Agama Islam DR KHEZ Muttaqien Purwakarta dan Dosen Universitas Islam Negeri Bandung Sunan Gunung Djati

loading...
loading...