ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Jangan Abaikan Hak-hak Tubuh Kita

0

Advertisements

DI DALAM Al-Qur’an dan Sunnah Nabi banyak nash yang bisa dijadikan oleh umat manusia untuk mengatur kehidupan dunia dan pola hidup mereka.

Nash-nash ini menjamin perawatan kesehatan dan kemuliaan mereka serata menempatkan posisi mereka yang sesuai dengan fitrah yang telah diciptakan Allah Ta’ala.

BACA JUGA: Tiga Manfaat Lada Hitam bagi Kesehatan

Barisan paling awal dari nash-nash tersebut adalah sabda Nabi SAW dalam hadist yang diriwayatkan Bukhari Muslim dari Abdullah bin Umar:

“sesungguhnya tubuhmu mempunyai hak yang harus kamu penuhi” (Muttafaqun’alaih)
Di antara hak tubuh itu adalah memberinya makan jika lapar, mengistirahatkan bila letih, membersihkannya bila kotor, serta melindunginya dari segala yang akan menyakitinya.

Selain itu menghindarkannya dari penyakit, mengobatinya jika sakit, serta tidak membebaninya dengan sesuatu yang tidak mampu dia emban. Dalam Islam, itulah hak bagi tubuh yang tidak boleh dilupakan apalagi diabaikan.

Islam tidak mengabaikan satu sisi pun kehidupan manusia, bahkan Islam menyertainya dengan pemeiliharaan menyeluruh. Tidak ada satu pun, yang kecil maupun besar, yang mengatur kehidupan manusia, melainkan disebutkan dalam al-Qur’an al-Karim. Mengenai etika bertingkah laku diantara anggota keluarga, Allah SWT berfirman:

“Hendaklah budak-budak (pria dan wanita) yang kalian miliki, dan orang-orang yang belum baligh di antara kalian, meminta izin kepada kalian tiga kali (dalam satu hari) yaitu: sebelum shalat subuh, ketika kalian menanggalkan pakaian(luar) kalian di tengah hari, dan sesudah shalat isya.” (QS. An-Nur:58)

Mengenai makan dan pola makan, Islam tidak hanya menyinggung tentang makanan dan kandungan saja, juga kesempurnaan dan kesehatan makanan, serta cara mengonsumsinya.

BACA JUGA: Menangis? Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Sebab, pola makan yang buruk dan berlebih-lebihan dalam mengonsumsi makanan dari yang seharusnya, serta tidak memerhatikan keseimbangan kandungan makanan, akan mengakibatkan munculnya berbagai macam penyakit.

Selain itu, pola makan serta kualitas dan kebersihan makanan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap pencernaan yang baik dan bagi kemampuan tubuh untuk menyerap zat-zat makanan yang beragam. []

Artikel Terkait :

Loading...

Maaf Anda Sedang Offline

Send this to a friend