ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Jadikan Tidur Anda Efektif dengan Beberapa Cara Ini

Foto: Medical News Today
0 250

 

MENGAPA kajian mengani tidur ini penting untuk diungkap? Hal ini karena sepertiga waktu yang kita habiskan di dunia ini adalah untuk tidur. Cobalah Anda hitung berapa banyak waktu yang Anda gunakan untuk tidur? Jika Anda tidur dari seharinya adalah 8 jam, hal itu sama dengan sepertiga dari total waktu yang kita miliki.

Tentu hal ini merupakan sesuatu yang sangat luar biasa, betapa ternyata waktu kita lebih banyak kita habiskan untuk tidur hampir separuh perjalanan hidup kita. untuk itulah, maka kalau pun kita harus tidur karena memang tidur adalah satu kebutuhan akan pemenuhan terhadap hak tubuh ini, namun tidur yang kita lakukan tetap bernilai sehingga tidak perlu memakan habis waktu efektif kita untuk melakukan benyak hal yang produktif. Bagaimana caranya?

Pertama, bawalah tidur Anda dengan niat yang baik untuk beribadah kepada Allah SWT. yaitu untuk mempersiapkan diri bangun tengah malam melakukan qqiyamul lail serta menyimpan tenaga untuk melakukan produktivitas keesokan harinya. Tanamkanlah niat yang kuat dalam diri Anda bahwa Anda akan bangun sesuai dengan format waktu yang Anda inginkan.

BACA JUGA:
Wahai Iblis, Mengapa Kau Takut pada Orang yang Tidur Itu?
Ini Amalan Sederhana Ketika Bangun Tidur

Kedua, manfaatkan gelombang otak Anda ketika tidur untuk mendengarkan al-Quran.Uusahakan ketika Anda tidur sambil mendengarkan lantunan ayat suci alQuran.

Ketiga, bersikaplah rileks dan lemaskanlah seluruh otot-otot Anda, jangan biarkan ada ketegangan pada seluruh otot Anda.

Keempat, buanglah jauh-jauh beban pikiran dalam benak Anda, bebaskan diri Anda.

Kelima, berdoalah dan bentengilah diri Anda dengan bacaan surat Al-ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas sebanyak masing-masing 3 (tiga) kali kemudian tiup dan usapkan pada seluruh anggota badan.

Keenam, pejamkanlah mata Anda dan aturlah napas Anda. Sertakan dzikir dalam setiap tarikan napas Anda, biarlah dzikir menyertai tidur Anda. Insya Allah tidur Anda bernilai ibadah. []

Sumber : Membangun Karakter dengan Hati Nurani/Akh Muwafik Shaleh/Erlangga/2002

Comments
Loading...